Kesempatan Kerja Praktek


Untuk para mahasiswa/i ada kesempatan kerja praktek / magang di ID-CERT. ID-CERT (Indonesia Computer Emergency Response Team) merupakan CERT pertama yang berdiri di Indonesia pada 1998. ID-CERT merupakan sebuah tim koordinasi berbasis komunitas dan untuk komunitas yang bersifat independen. Didirikan oleh Bpk. Budi Rahardjo.PhD , ID-CERT bersama dengan JP-CERT (Jepang),AusCERT (Australia) merupakan salah satu pendiri dari forum APCERT (Asia Pacific Computer Emergency Response Team). Ada dua posisi yang dibutuhkan yaitu:

  1. Technical Writer

ID-CERT setiap bulannya mengeluarkan security advisory (peringatan keamanan). Security advisory adalah sebuah dokumen yang berisi informasi tentang sebuah celah keamanan. Misalnya ada peneliti yang baru saja menemukan sebuah celah keamanan pada Android. Kemudian dari hasil temuan tersebut dibuat sebuah dokumen yang berisi penjelasan tentang celah keamanan tersebut. Contohnya:

  • Seberapa bahaya celah keamanan tersebut,
  • apa saja akibat serangan yang mengeksploitasi celah keamanan tersebut.
  • Sistem apa saja yang rawan terhadap celah keamanan tersebut
  • bagaimana cara mengatasi celah keamanan tersebut

Nah tugas kalian nantinya adalah mempelajari security advisory yang dikeluarkan oleh berbagai sumber resmi kemudian membuat Peringatan kerentanan tersebut dalam bahasa Indonesia. Lokasi bisa di Bandung maupun Jakarta.

Contoh beberapa security advisory bisa dilihat pada link berikut:

https://www.us-cert.gov/ncas/alerts

https://cert.europa.eu/cert/newsletter/en/latest_Security%20Bulletins_.html

http://www.cert.org/historical/advisories/

2. Public Relation

Tugas Public Relation adalah melakukan komunikasi dengan para member ID-CERT, konstituen dan para sponsor. Lokasi kerja di Jakarta, karena sebagian besar member dan konstituen ID-CERT berada disana.

Selain mahasiswa, kesempatan ini terbuka juga untuk para alumni. Lama kerja praktek /magang biasanya 6 bulan. Bila ada yang berminat silahkan kirimkan email beserta curiculum vitae ke Pak Ahmad Alkhazimy selaku Manajer ID-CERT di ahmad [at) cert.or.id .

Tentang ID-CERT

http://www.cert.or.id/

 


Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran