Amelia Serial anak mamak

Saya baru saja tamat membaca buku Amelia serial anak mamak. Buku ini karya Tere Liye. Buku ini bagian dari serial anak Mamak yang bercerita tentang adik beradik, Eliana, Pukat, Burlian dan Amelia. Amelia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara yang tinggal di sebuah kampung di pedalaman Sumatera. Orang tua Amelia adalah petani kopi. Amelia berkisah tentang betapa dia tidak suka menjadi anak bungsu. Karena merasa terus disuruh-suruh oleh kakak-kakaknya. Selain itu ada pula kebiasaan di kampungnya dimana anak bungsu yang akan menunggu rumah.

Chuck Norris

Amelia di sekolah adalah anak yang cerdas. Dia diminta Pak Bin guru sekolah satu-satunya untuk menolong temannya yang bandel. Nama temannnya pun sangat unik yaitu Chuck Norris. Chuck Norris ini terkenal bengal dan biang keributan di sekolah. Namun begitu kebengalan ini ternyata disebabkan oleh kerinduannya akan sosok ibunya, yang pergi sejak chuck norris ini masih kecil. Dengan perhatian dan pertolongan dari Amelia, Chuck Norris pun akhirnya bisa sadar dan jadi teman Amelia dalam geng anak bungsu.

Pembibitan Kopi

Amelia yang cerdas memiliki ide untuk memperbaiki nasib orang kampung yang bergantung dari panen kopi. Telah puluhan tahun warga kampung menanam kopi hanya mengandalkan cara bertani yang diwariskan secara turun temurun. Cara bertanam warga kampung ini menurut Amelia tidak akan merubah nasib warga kampung. Warga kampung tetap akan menjadi petani miskin. Sementara anak-anak mereka harus ikut membantu kerja di kebun kopi. Amelia memiliki ide untuk mengganti tanaman kopi warga dengan bibit kopi pilihan. Dengan bibit kopi pilihan ini menurut perhitungan paman Unus, hasil kopi akan menjadi 3x lipat. Sehingga warga akan mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Hanya saja untuk mengganti tanaman kopi dengan bibit baru ternyata tidak mudah. Karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kemudian tidak ada jaminan bibit baru ini akan berhasil. Untuk membiayai pembibitan kopi ini Amelia mengusulkan penggunaan kas kampung. Kas yang digunakan untuk keperluan darurat di kampung. Tentunya penggunaan kas ini membutuhkan persetujuan seluruh warga kampung. Untuk meyakinkan idenya ini Amelia dan teman-temannya harus berkeliling kampung meyakinkan warga tentang rencana perubahan ini.

Sangat seru buku ini. Tere Liye banyak mengajarkan hikmah bijak dalam rangkaian cerita Amelia. Juga tentang cara mendidik Mamak yang membuat anak-anaknya sukses. Ada juga berbagai kisah bagus yang diceritakan Nek Kiba sang guru ngaji. Serta berbagai nasehat bijak dari Pak Bin. Kita juga akan merasakan pertualangan Paman Unus memasuki hutan lebat Sumatera. Buku yang sangat bagus menurut saya. Empat jempol untuk Tere Liye. Semoga Bermanfaat!

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran