Belum ada judul

Beberapa minggu ini mahasiswa tingkat akhir di kampus sedang galau. Hampir setiap hari selalu ada saja yang konsultasi. Tema yang dibicarakan rata-rata sama belum ada judul Proyek Akhir (PA). Tahun ini para petinggi program studi mencoba menerapkan aturan baru tentang PA. Aturannya adalah adanya penjadwalan bersama tahapan Proyek akhir. Alasannya karena selama ini jumlah lulusan prodi kami yang lulus tepat waktu masih sedikit. Padahal prosentasi mahasiswa yang lulus tepat waktu merupakan salah satu poin penilaian tentang kualitas prodi.

Nah ternyata selama ini kebanyakan mahasiswa terlambat lulus karena terlalu lama bingung mencari judul PA Bahkan ada yang sampai satu semester galau terus mencari judul PA. Saran saya cobalah tanya dulu minat anda di bidang apa. Karena menurut saya tema PA sebaiknya dari topik yang kita senangi. Karena biasanya dalam mengerjakan PA anda bisa setiap hari bergelut dengan tema tersebut. Sering saya jumpai mahasiswa yang memilih judul hanya karena ikut teman saja. Temannya memilih topik A dia ikut saja ambil topik tersebut. Untuk menentukan minat anda tentang topik apa, mungkin silahkan diingat-ingat mata kuliah apa yang selama ini paling anda senangi, atau mata kuliah apa yang paling anda kuasai.

Setelah tau minatnya di bidang apa, mulailah mencari referensi mengenai tema tersebut. Carilah buku, ebook ataupun website yang menyediakan informasi tentang tema tersebut. Usahakan cari referensi yang betul-betul teknis. Ya disitu diceritakan bagaimana cara implementasi atau konfigurasinya.  Kemudian saran saya cobalah dulu melakukan implementasi atau konfigurasi yang anda baca di referensi. Setelah itu coba konsultasikan dengan dosen pembimbing tentang tema tersebut. Dari diskusi dengan dosen pembimbing nanti akan didapatkan gambaran yang lebih jelas tentang judul PA.

Nah bila ternyata topik yang anda ajukan tidak sesuai dengan bidang kompetensi pembimbing, maka anda harus coba meyakinkan pembimbing tentang tema tersebut. Coba tunjukan refensi yang telah anda baca kepada pembimbing. Atau anda bisa mengikuti topik riset dari pembimbing. Biasanya dosen telah memiliki topik penelitian sendiri-sendiri. Coba tanyakan bahan referensi tentang topik tersebut kepada pembimbing anda. Kemudian pelajari topik tersebut. Siapa tau setelah baca referensi, anda menyukai topik tersebut

Untuk yang masih galau, saya akan share beberapa materi presentasi tentang security. Pada link berikut terdapat banyak materi presentasi yang disampaikan pada konferensi security yang diadakan virus bulletin tahun 2014:

belum ada judul
virus bulletin conference 2014

https://www.virusbtn.com/conference/vb2014/slides/index

Pada link tersebut ada bannyak dibahas topik-topik tentang DNS security, malware, Deepweb, web injection, malware android dll.

Semoga bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran