Buku The Age of Cryptocurrency

Kemaren pas lagi bengong di bandara nemu buku The age of Cryptocurrency karya Paul Vigna dan Michael J. Casey. Keduanya wartawan Wall Street Journal. Subtitlenya panjang How Bitcoin and Digital Money are Challenging the Global Economic Order. Karena ada tulisan Bitcoin jadi tergoda untuk baca buku ini. Covernya gambar sebuah peluru.

Cryptocurrency & Bitcoin

Buku ini awalnya cerita tentang awal munculnya Bitcoin tahun 2008. Mata uang digital yang disebut-sebut bakal merubah dunia keuangan. Sebenarnya bitcoin bukanlah mata uang digital pertama. Namun Bitcoin yang dibuat oleh ­Satoshi Nakamoto (seorang tokoh fiktif) ini membuat inovasi baru dari sisi infrastruktur dan privacy.

Di buku ini dijelaskan bagaimana cara kerja bitcoin. Bagaimana transaksi menggunakan bitcoin dilakukan, dimana transaksi tetap bersifat rahasia dan tanpa ada biaya. Metode yang digunakan bitcoin berbeda dengan cara pembayaran yang lazim digunakan saat ini. Penulis buku ini menggunakan istilah pembayaran tradisional untuk transaksi cash maupun kartu kredit.

Selain transaksi jual beli, kita bisa juga mengunakan bitcoin untuk mengirim uang. Kedua penulis menjabarkan juga pro kontra pembayaran dengan bitcoin. Bitcoin bisa digunakan oleh orang yang tidak memiliki akses ke perbankan. Menurut mereka di negara miskin masih ada 2,5 milliar orang yang tidak memiliki akun bank. Bitcoin juga bisa digunakan juga untuk pekerja asing yang hendak mengirimkan uangnya ke kampungnya. Tanpa harus terkena biaya kirim uang melalui bank maupun jasa lainnya yang cukup mahal.

Pro Kontra

Namun disisi lain Bitcoin banyak disalahgunakan. Misalnya digunakan untuk transaksi barang ilegal (black market) seperti silk road, kasus pencucian uang dll. Hal ini karena penggunaan teknologi kriptografi yang menjamin kerahasiaan data transaksi. Namun justru teknologi ini menyulitkan aparat penegak hukum dalam penyidikan. Karena semakin banyak pelaku kejahatan yang menggunakan bitcoin.

Walaupun begitu menurut kedua penulis, Bitcoin dan mata uang digital akan membuat revolusi dalam dunia keuangan. Setidaknya saat ini Bitcoin telah sukses menimbulkan diskusi dan kontroversi. Beberapa negara sedang berupaya untuk membuat aturan tentang penggunaan Bitcoin. Bahkan ada negara yang melarang penggunaan Bitcoin. Menurut kedua penulis Bitcoin dan cryptocurrency akan menjadi sistem pembayaran masa depan. Sementara sistem pembayaran menggunakan uang maupun kartu kredit akan menjadi sistem tradisional (kuno). Buku yang keren buat yang ingin tahu apa itu bitcoin dan cryptocurrency.

Semoga Bermanfaat!

website resmi buku ini

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran