Hari Nyidang Nasional

Minggu ini di kampus lagi musim sidang. Kemaren saya kebagian nyidang 4 orang siswa, hari ini juga 4 siswa. Sah sudah 2 hari ini saya nobatkan sebagai hari nyidang nasional. Tapi topik-topik sidang kali ini cukup seru. Kemaren sebagai pembuka ada mahasiswa bimbingan saya Habibi yang mengambil tema tentang Malware scanner di Android . Jadi dia membuat aplikasi di Android yang dapat mendeteksi apakah sebuah aplikasi mengandung malware atau tidak. Aplikasi ini namanya Androscanner. Tema ini merupakan lanjutan dari karya Proyek Akhir mahasiswa sebelumnya tentang malware Scanner.

LoRa

Kemudian sesi berikutnya saya menguji Irma yang mengambil tema tentang Lora. Lora ini bukan nama cewe, melainkan sebuah perangkat GPS tracker. Bentuknya kayak Raspberry Pi, jadi dia bisa mengirimkan lokasi GPS ke perangkat penerima. Lora ini dapat kita gunakan untuk memantau lokasi berbagai macam barang. Misalnya bisa kita tempelkan di mobil/motor, tas anak, atau pada binatang peliharaan dll. Perangkat Lora harus sepasang, ada tranceiver dan receiver. Irma mengkombinasikan Lora dengan Raspberry. Sayangnya pada waktu sidang, receivernya tidak bisa membaca lokasi GPS pengirim. Sehingga karena penasaran, sidang dilanjutkan di luar ruangan (depan pos satpam). Karena menurut dia, di dalam ruangan sering ada kendala pengiriman lokasi, mungkin transmisinya harus LoS (Line of sight).

OSSIM

Sesi berikutnya ada Alim. Alim membuat sistem Intrusion Prevention Sistem dengan menggunakan OSSIM (Open Source SIEM). Selanjutnya sesi berikutnya ada trio Kali Nethunter yaitu Addy, Iqbal dan Dzulkarnaen. Ketiga mahasiswa ini melakukan pengujian keamanan dengan menggunakan HP Android yang sudah diinstal sistem operasi Kali Linux Nethunter. Kali Linux Nethunter adalah versi Android dari Kali Linux. Namun ternyata Nethunter hanya support untuk perangkat Google Nexus. Sempat juga berhasil di pasang di HP Mi namun masih ada eror di fungsi jaringan. Yang menarik pengujian dilakukan dengan teknik BadUSB. Jadi penyerang pura-pura ikut ngecas ke HP, namun ternyata masang keylogger supaya bisa tau password korban.

Dan sesi terakhir Gia, yang membuat sistem load balancing dan Failover dengan Zeroshell. Dengan cara ini bila kita memiliki 2 modem internet, bisa dilakukan pengaturan pembagian bandwidth internet antara kedua modem tersebut. Maupun kedua modem tersebut bisa diatur untuk aktif secara bergantian.

Sebenarnya pada minggu sebelumnya ada juga 2 siswa bimbingan saya yang sidang. Hanya saja saya tidak bisa dampingi karena ada tugas di Jakarta. Keduanya yaitu Mia yang melakukan pengujian sistem keamanan dan mengukur Security metriks dan Gawi yang buat sistem IPS dengan IPFire. Alhamdulillah sebagian besar berhasil menyelesaikan sidang dengan baik.

Selamat untuk para mahasiswa yang sudah selesai sidang. Jangan lupa kerjakan revisinya ya. Tetap semangat untuk yang lagi ngejar sidang periode Agustus.

 

One thought on “Hari Nyidang Nasional

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran