Himeji Castle

Salah satu tempat yang harus dikunjungi di Jepang adalah Himeji Castle. Castle ini terdaftar sebagai world Heritage Unesco. Dibangun pada abad ke 17. Konon ceritanya salah satu castle di Jepang yang masih asli. Karena banyak castle di Jepang yang hancur pas jaman perang dan kena gempa. Istana ini masih terbuat dari kayu.

Himeji

Himeji Castle ini terletak di kota Himeji. Kalo dari Osaka sekitar 1 jam naik JR rapid train. Naik kereta regional biasa juga bisa, cuman lebih lama karena berhenti hampir di semua stasiun. Kalo naik shinkansen lebih cepet lagi cuman 30 menit, tapi mahal ūüôĀ

Keluar dari Stasiun Himeji, sudah keliatan ¬†Himeji Castle. Sebenernya dari stasiun Himeji ini kita bisa naek bis, atau nyewa sepeda. Waktu itu saya pilih jalan kaki. Ternyata lumayan cape juga ūüôā Kesan pertama ngeliat castle ini megah banget, semua dindingnya berwarna¬†putih. Nama lainnya¬†Hakuro-jŇ欆atau¬†Shirasagi-jŇć (Istana Putih).¬†Cuman dari gerbang sampe ke masuk ke dalam castle ini, jalannya belok2, dan harus melewati beberapa¬†gerbang kecil. Keliatannya emang dirancang dengan pertimbangan keamanan.¬†Gerbang-gerbang ini emang kecil, sehingga kita harus nunduk.

Daitenshu

Masuk ke dalam bangunan utama istana (Daitenshu) kita diharuskan buka sepatu. Supaya tidak merusak kayu lantainya. Disana disediakan plastik. Ada 5 tingkat di castle ini (dengan basement jadi 6). Tangganya juga dari kayu dan lumayan curam. Sayangnya di dalam gedung utama ini gak ada apa-apa. Beda dengan Osaka castle yang di dalamnya ada pameran, diorama dll. Walaupun begitu dari puncak tertinggi castle ini  kita dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa keren. Puncak castle ini katanya memiliki ketinggian 90m diatas permukaan laut. Di lantai paling atas ada Shachigawara, semacam ikan dengan kepala harimau. Beberapa pengujung saya liat berdoa di lantai ini.

Di sebelah kiri bangunan utama ada bangunan namanya Nishi-no-Maro. Disini ada taman yang indah. Di dalam bangunan ini kita bisa liat beberapa informasi dan pameran tentang Castle ini, sejarahnya, dll. Bangunan ini memanjang hampir mengelilingi castle.

Tiket masuknya 1000 yen, sayangnya di castle ini gak ada tempat sholat. WC juga cuman ada di beberapa tempat tertentu. Persiapkan fisik juga, karena lumayan cape jalan dari gerbang sampe naik ke atas. Di sebelah istana ini ada Kokoen Garden. Kokoen ini taman yang indah, dia memiliki beberapa bagian tersembunyi. Terus ada juga Himeji Zoo, kebun binatang, katanya ada panda tapi saya gak sempat masuk dan salaman.

Semoga Bermanfaat!

Tentang castle:

http://whc.unesco.org/en/list/661

https://en.wikipedia.org/wiki/Himeji_Castle

http://www.japan-guide.com/e/e3501.html

http://www.himeji-kanko.jp/en/

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran