ID-CERT

logo idcert Beberapa hari lalu saya diajak temen-temen dari ID-CERT diskusi tentang malware. Jadi ceritanya  kita mau coba riset bareng tentang malware. ID-CERT itu kepanjangan dari Indonesia Computer Emergency Response Team.

CERT adalah organisasi yang menerima pengaduan atau komplain kalo terjadi insiden keamanan internet.  Oleh CERT, biasanya insiden ini akan ditangani dan coba ditanggulangi.  Istilah kerennya satpam internet. CERT ini awalnya dibuat sebagai inisiatif untuk menangani insiden menyebarluasnya Worm Morris di Amerika pada akhir tahun 1988.  Worm ini cukup bikin heboh pada waktu itu karena menginfeksi sekitar 6000 komputer server berbasis UNIX serta menimbulkan kerugian sampai $100,000–10,000,000. Nah, kementrian pertahanan Amerika Serikat melalui Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) berinisiatif melakukan koordinasi untuk menghentikan serangan ini dengan membentuk CERT/CC di Carnegie Mellon University.

Di Indonesia CERT baru ada tahun 1998, yaitu ID-CERT yang didirikan oleh Pak Budi Rahardjo, ID-CERT berbasis komunitas dan bersifat independen. Tiap hari ID-CERT menerima dan menangani sejumlah aduan tentang insiden keamanan informasi. ID-CERT juga kemudian  bersama JP-CERT (Jepang CERT) dan Aus-CERT (Australia CERT) yang mendirikan APCERT (Asia Pasific Computer Emergency Response Team). Selain ID-CERT di Indonesia juga ada ID-SIRTII. Bedanya ID-SIRTII/CC didirikan oleh pemerintah RI melalui Depkominfo pada 2007. Ok deh jadi kepanjangan cerita tentang Cert 🙂   Selanjutnya saya akan coba sharing lebih banyak tentang Malware. Semoga bermanfaat

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran