Kajian 2 Sistem Komputer

Kepada mahasiswa peserta mata kuliah sistem komputer, materi kajian 2 telah selesai. Untuk persiapan assessment saya akan coba rangkum materi kajian 2 sistem komputer berikut ini:

Sistem Bilangan

Materi pertama adalah tentang sistem bilangan dan konversi. Pada materi ini adalah pengantar tentang bilangan biner, oktal, desimal dan heksadesimal. Kemudian bagaimana melakukan konversi bilangan. Slidenya bisa dilihat pada link berikut:

Slide Representasi Data Siskom

Materi berikutnya adalah tentang aritmetika bilangan. Pada materi ini dipelajari tentang operasi penjumlahan, pengurangan, pengalian dan pembagian pada bilangan biner, oktal, desimal dan heksadesimal.

Slide Aritmetika Bilangan – Siskom

Materi berikutnya adalah tentang signed integer. Pada materi ini dipelajari tentang cara membedakan penulisan bilangan positif dan negatif pada bilangan biner, oktal, desimal dan heksadesimal.

Latihan 5 Signed Integer – Siskom

Materi berikutnya adalah tentang Floating Point. Pada materi ini dipelajari tentang pecahan pada bilangan biner, oktal dan heksadesimal.

Slide Floating Point – Siskom

Materi terakhir adalah tentang Mnemomic dan pengenalan tentang bahasa asembler

Latihan 6 Siskom

Praktek

Silahkan dipelajari materi diatas untuk persiapan assessment teori. Sementara itu untuk assessment praktek materinya adalah tentang Logism dan Cabling. Tutorial Logism dapat dilihat pada link berikut:

Dan juga pada link berikut ini:

Tentang crimping dan cabling bisa dilihat pada link berikut:

https://www.wikihow.com/Crimp-Rj45

Have Fun!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran