Kuil Kiyomizu Dera di Kyoto

Saya akan coba lanjutkan cerita liburan kemaren. Di Kyoto setelah mengunjungi kuil Fushimi Inari yang memiliki ribuan gerbang, kami lanjutkan jalan ke kuil Kiyomizu Dera Kyoto. Kuil ini megah banget, bahkan telah tercatat sebagai salah satu situs Unesco World Heritage.

Kiyomizu Dera

Konon ceritanya kuil ini didirikan tahun 780. Kuil ini dibangun dekat sebuah air terjun Otowa. Nama kuil Kiyomizu Dera sendiri artinya pure water temple. Yang menjadi ciri khas dari kuil ini adalah bangunan utama kuil ini (main hall) yang terbuat dari kayu. Bangunan ini terletak di atas gunung, memiliki balkon dengan ketinggian 13 meter diatas tanah. Jadi dari balkom ini kita bisa melihat pemandangan pepohonan sakura dan maple yang sangat indah, serta pemandangan kota Kyoto. Konon ceritanya bangunan ini dibuat tanpa menggunakan paku.

Air Terjunnya terletak di bagian bawah bangunan utama. Air terjun ini memiliki 3 pancuran yang masing-masing ada maknanya. Dari bangunan utama kita akan mengelilingi taman yang bagus banget. Kemudian ada pagoda Koyasu tiga tingkat yang terletak tersembunyi di balik pepohonan. Untuk masuk ke kuil ini tiketnya 400 yen. Di gerbang masuk menuju kuil ini juga ada sebuah kuil dengan sebuah pagoda merah tiga tingkat. Area gerbang depan ini gratis.

Higashiyama

Jalan masuk menuju kuil ini kita harus melewati sebuah perkampungan Higashiyama District. Daerah ini memiliki banyak pertokoan, tempat souvenir, toko pottery (buat minum teh) dan tempat makan. Ada yang jual mochi, es krim, ocha (teh), berbagai produk terbuat dari matcha (teh hijau), takoyaki, dll. Ada juga saya nemu toko yang pake label halal. Jadi dia jual makanan yang terbuat dari ikan dan seafood saja. Daerah Higashiyama ini biasanya padat banget, karena banyak turis, dan jalannya sempit.

Pertokoan ini masih melestarikan gaya bangunan Jepang lama, sehingga kita merasa seolah-olah kembali ke jaman baheula. Belum lagi banyak turis yang berjalan-jalan menggunakan kimono. Jalan ke kuil ini cukup menanjak dan melelahkan.

Akses kesana

Untuk menuju kesana dari stasiun Kyoto kita bisa naik bus nomer 100 atau 206. Tarifnya jauh dekat 230 yen. Bisa turun di Gojo-zaka atau halte Kiyomizu-michi. Terus jalan ke atas 15-30 menit. Atau kalau yang suka jalan bisa turun di stasiun kereta Kawaramachi. Kalo males pake GPS tinggal ngekor aja sama para turis 🙂 Menurut penjaganya waktu yang paling indah mengunjungi kuil ini pada waktu pohon sakura lagi mekar sekitar pertengahan Maret- April dan pada waktu musim gugur, sekitar bulan november-desember.

Semoga bermanfaat!

Info tentang kuil ini

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran