Kuil Paviliun Emas Kinkaku-Ji

Setelah mengunjungi Fushimi Inari dan Kiyomizu-dera, tempat berikutnya yang saya kunjungi di Kyoto adalah Kuil Paviliun Emas Kinkaku-ji. Kuil ini terkenal karena memiliki sebuah bangunan paviliun yang dilapisi emas. Kinkaku-Ji sendiri artinya kuil paviliun emas. Sementara nama asli dari kuil ini adalah Rokuon-ji yang artinya kuil taman Rusa. Memang kuil ini memiliki taman yang indah.

Akses ke sana

Untuk menuju ke kuil ini dari kyoto stasiun kita harus naik bis. Bisa pake nomer 101 ataupun 205 turun di stasiun kinkaku-ji. Naek bus ini ongkosnya jauh dekat 230 yen. Biasanya di dekat halte tempat-tempat wisata, di bis ada pengumuman dalam bahasa Inggris. Tiket masuk kuil ini 400 Yen.

Setelah masuk kita akan langsung disuguhi pemandangan indah bak lukisan, sebuah kolam dan Kuil Pavilion emas dengan latar pepohonan hijau dibelakangnya. Disini biasanya para turis udah langsung berebut mencari spot untuk foto, maupun selfie. Bangunan kuil pavilion emas ini tidak besar, tapi cantik sekali. Terdiri dari 3 tingkat, dengan lantai 2 dan 3 nya di lapisi emas.

Kuil Paviliun Emas Kinkaku-ji

Menurut info dari brosur, ketiga lantai ini masing-masing dibuat dengan gaya arsitektur yang berbeda-beda. Lantai 1 memiliki gaya Shinden, yang biasa digunakan untuk Istana di Jepang pada periode Heian. Ciri khasnya memiliki pilar kayu dan plaster putih. Lantai 2 memiliki gaya Bukke, yang biasa digunakan di tempat tinggal para samurai. Lantai 2 ini dilapisi emas. Lantai 3 memiliki gaya bangunan zen dari cina. Lantai 3 ini dilapisi emas, dengan patung golden phoenix diatasnya. Sayangnya kita gak bisa masuk ke dalam pavilion ini.

Menurut sejarah, kuil ini dulunya adalah Villa tempat peristirahatan shogun Ashikaga Yoshimitsu. Dibangun tahun 1397 M. Kemudian ketika dia mau meninggal dia berpesan agar tempat ini dijadikan kuil Zen. Tahun 1408 oleh keturunannya bangunan in dijadikan kuil Zen. Di depan paviliun ini kita bisa lihat bangunan pendeta Zen (hojo). Bangunan ini menjadi inspirasi dibangunnya kuil Ginkaku-ji (silver pavilion) yang berada di sisi lain kota ini.

Setelah itu kita akan mengelilingi taman yang indah banget. Di taman ini ada sebuah patung tempat orang ngelempar koin, katanya buat keberuntungan. Ada juga bangunan Sekkatei Teahouse. Di taman ini banyak sekali spot-spot indah untuk berfoto.

Semoga Bermanfaat!

Info lebih lanjut tentang kuil paviliun emas kinkaku-ji ada disini

 

One thought on “Kuil Paviliun Emas Kinkaku-Ji

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran