Kuil Paviliun Perak Ginkaku-Ji

Saya coba lanjutkan cerita perjalanan di Jepang. Sebenernya liburannya dah lama, pas lebaran kemaren, cuman baru sempet nulis sekarang. Setelah mengunjungi beberapa tempat menarik di Kyoto, satu tempat terakhir yang saya kunjungi di Kyoto adalah Kuil paviliun perak Ginkaku-ji. Kuil ini merupakan sebuah temple Zen di sebelah timur Kyoto. Zen itu sebuah aliran Budha.

Kuil ini terletak di jalur philosopher path yang terkenal.  Kuil ini konon dibangun tahun 1482 oleh shogun Ashikaga Yoshimasa. Kuil ini mengambil inspirasi dari kuil paviliun emas Kinkaku-ji yang dibangun oleh Kakek dari shogun Yoshimasa.

Sea of silver sand

Kuil ini memiliki taman yang indah, diantaranya ada taman pasir (dry sand garden) yang unik. Taman pasir ini namanya “Sea of Silver Sand”. Ada dua bangunan yang besar di sini, Hondo dan Togudo. Kuilnya sebenarnya tidak telalu besar, tapi memiliki taman yang cukup luas (moss garden). Ada jalur mengelilingi taman yang kita bisa ikutin. Di taman ini banyak tempat yang bagus buat foto. Ada juga bukit kecil yang bisa kita daki. Dari bukit ini terlihat jelas pemandangan kuil ini dengan latar belakang kota kyoto.

Jalur Bis

Untuk masuk kesini karcisnya 500 Yen. Untuk ke kuil ini kita bisa pake bis dari stasiun Kyoto. Harga tiket bis di Kyoto jauh dekat 230 Yen sekali naik. Jaraknya dari Stasiun Kyoto lumayan, karena dia letaknya sebelah utara kota, sekitar 30 menit klo naik bis. Sayangnya disini gak ada tempat sholat. Tapi klo kita naek bis lagi dikit kita bisa numpang solat di mesjid kyoto, atau di kyoto tower juga ada musola. Di Kyoto juga udah ada beberapa tempat makanan halal. Biasanya ramen halal, nah di warung ramen halal ini biasanya juga ada tempat solatnya.

Waktu itu saya sempet nyoba makan di tempat ramen halal (ayam-ya halal ramen) di Kyoto, pas lagi makan diputerin CD ngaji surat Ar-rahman. Subhanallah, di Indo aja jarang-jarang ada tempat makan yang muter CD ngaji. Di Jepang mereka lagi banyak menyediakan tempat makanan halal. Walaupun begitu gak semua tempat makanan halal tersebut pemiliknya muslim.

Semoga Bermanfaat!

Tentang ginkaku-ji

http://www.japan-guide.com/e/e3907.html

Tentang masjid Kyoto

http://marikekyoto.com/?page_id=125

tentang philosopher path

https://en.wikipedia.org/wiki/Philosopher%27s_Walk

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran