Kumpulan materi Jaringan Komputer

Alhamdulillah perkuliahan Jaringan Komputer untuk kelas TIA-13-02 telah usai. Saya mau share kumpulan materi jaringan komputer dan beberapa catatan dan evaluasi dari perkuliahan jaringan komputer ini.

Daftar Materi Lengkap

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/materi-jaringan-komputer/

latihan 1

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/latihan-1-jarkom/

latihan 2

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/latihan-2-jarkom/

latihan 3

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/latihan-3-jaringan-komputer/

latihan 4

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/latihan-4-jaringan-komputer/

latihan 5

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/latihan-5-jaringan-komputer/

Game Cisco

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/game-cisco/

Latihan jaringan komputer

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/latihan-jaringan-komputer/

Chapter 5 – Ethernet

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/chapter-5-ethernet/

chapter 6

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/chapter-6-network-layer/

Chapter 7

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/chapter-7-layer-transport/

Tugas Troubleshooting

http://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/tugas-troubleshooting-jaringan/

Selamat untuk peraih nilai tertinggi mata kuliah ini, yaitu mahasiswa dengan NIM 6303130034. Untuk peringkat dua adalah mahasiswa dengan NIM 6303134024 dan peringkat tiga NIM 6303134021.

Nilai rata-rata kelas pada pada kuliah jaringan komputer ini adalah 73,83. Sementara nilai rata-rata kelas per komponen penilaian sebagai berikut: ASESSMENT 1 = 70.39, ASESSMENT 2 = 73.06, ASESSMENT 3 = 77.06, PRAKTIKUM = 73.74, TUGAS = 73.87. Berarti rata-rata nilai terbesar adalah nilai Assessment 3.

Tingkat kehadiran mahasiswa di kelas ini adalah 86%, Cukup baik.  Di kelas ada 3 siswa yang tingkat kehadirannya kurang. Kemudian menurut hasil kuesioner, tingkat kepuasan mahasiswa di mata kuliah jarkom ini hanya mencapai  mencapai 75,21 %.  Beberapa evaluasi dari pengajaran jarkom semester ini menurut saya materi jaringan komputer ini harus disesuaikan untuk kebutuhan prodi Komputerisasi Akuntansi (KA). Materi kuliah ini memang dirancang untuk prodi Teknik Komputer. Mungkin kedepannya materi jarkom untuk KA tidak harus berbasis sertifikasi cisco. Sertifikasi Cisco ditujukan untuk para admin jaringan. Perlu dipikirkan materi yang lebih aplikatif

Selain itu ada keluhan juga dari mahasiswa tentang latihan menggunakan game flash. Game ini sebenarnya bagus, hanya saja yang dikeluhkan adalah keharusan mencapai nilai 100 untuk mendapatkan password untuk chapter berikutnya. Untuk game cisco juga menarik, hanya saja siswa agak sedikit kesulitan memahami game ini, sehingga tujuan pembelajaran kurang optimal. Kendala lainnya adalah assessment menggunakan aplikasi. Sistem assessmen ini digunakan secara bersama oleh seluruh kelas. Kesulitannya karena dosen harus memasukkan password satu-persatu kemudian mencatat nilainya satu-persatu. Sehingga saya akhirnya memilih menggunakan sistem assessment dengan kertas. Tentang slide juga sebaiknya diperbaiki dan tidak harus mengacu pada slide dari cisco academy.

Walaupun begitu perkuliahan berjalan cukup baik. Semoga hasil evaluasi ini dapat menjadi masukan perbaikan untuk pelaksanaan mata kuliah jaringan komputer semester depan.

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran