Lebaran di Osaka – Iedul Fitri

Tahun ini Alhamdulillah saya sempat merasakan lebaran di Osaka. Di Osaka ini ada beberapa tempat yang menyelenggarakan sholat Iedul Fitri, di Mesjid Osaka, di Mesjid Ibaraki dan di KJRI Osaka. Sebenarnya keluarga saya lebih dekat posisinya dengan mesjid Ibaraki, tapi akhirnya kami putuskan untuk mencoba gabung dengan masyarakat Indo di KJRI.

Gedung Sakai City

Pelaksanaan sholat tidak dilaksanakan di gedung KJRI, tapi di gedung Sakai City Industrial Promotion Center, kota Sakai, Osaka. Kami naek kereta dan turun di stasiun terdekat Nakamozu. Di stasiun kereta ini suasananya gak kayak di Jepang, tapi sudah kayak di stasiun Senen, karena banyak banget orang indo. Sebenarnya menurut web KJRI sholatnya bakal dimulai jam 9, cuman karena takut telat kami jam 8 udah nyampe.

Walaupun jam 8 gedungnya masih tutup, tapi sudah banyak orang indo yang datang. Lengkap dengan baju lebaran, ada yang pake kebaya, baju koko dll. Dari hasil obrolan sana-sini ternyata mereka yang datang ini tidak hanya dari Osaka, tapi ada juga dari Kobe, Nara, bahkan Nagoya, yang letaknya cukup jauh dari Osaka. Ada yang statusnya belajar di Osaka, ada yang kerja, ada yang memang menetap di Osaka ada juga yang sekadar berkunjung seperti saya.

Khutbah dan Shalat

Jam 9 kurang baru gedungnya dibuka. Tapi kita belum boleh masuk, karena staff KJRI dan para relawan yang jadi panitia mempersiapkan dulu ruangan untuk pelaksanaan sholat. Para relawan ini berasal dari Perhimpunan Pelajar Indonesia – Jepang, Keluarga Masyarakat Islam Indonesia Kansai, dan Ikatan Persaudaraan Trainee Indonesia di Jepang. Hampir jam 9.15 baru kita diperbolehkan masuk. Pas  masuk saya dikasih kupon makan. Diawali dengan gema takbir, beberapa pengumuman dari panitia dan dilanjutkan dengan sambutan dari Konsul Jenderal RI Bapak Wisnu Edi Pratignyo. Kemudian dilanjutkan khutbah. Tahun ini khutbah dan sholat dipimpin oleh KH. Syahroni Entong Mardjuki, dari Yayasan Masjid Al Irsyad dan Masjid Nurul Huda Jakarta. mengangkat tema pentingnya kebersamaan dan jalinan silaturahmi bagi sesama warga Indonesia yang tengah berada di perantauan.

Setelah sholat baru masuk acara utama yaitu makan-makan 🙂 Para jamaah yang telah mendapat kupon makanan dipersilahkan untuk mengambil makanan. Sayangnya panitia hanya mempersiapkan sekitar 800 kupoan makanan. Padahal ada hampir 1000 jamaah yang hadir kali ini. Wow ternyata banyak juga warga Indonesia di daerah Osaka dan sekitarnya ini. Walaupun begitu tidak mengurangi indahnya perayaan lebaran di Osaka ini.

Semoga Bermanfaat!

Halaman KJRI

2 thoughts on “Lebaran di Osaka – Iedul Fitri

    1. sebenernya sih enakan lebaran disini (indo), bisa makan enak, trus ada libur juga kan. Kalo disana ya gak libur, abis solat trus bubar, yg kerja musti ke kantor, yg sekolah musti sekolah lagi

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran