Menghubungkan HP Android ke Linux

Seperti para ABG lainnya, saya juga sering menggunakan Handphone untuk foto-foto. Nah lama kelamaan memori di HP hampir habis. Karena dihapus sayang, saya coba pindahkan foto-foto ini ke komputer. Hanya saja untuk penggemar Open Source, ternyata menghubungkan HP Android ke Linux gampang-gampang mudah 🙂 . Maksudnya gak bisa kita ambil kabel USB terus langsung pasang ke laptop, seperti di Windows.

Kalo di Windows biasanya setelah kabel kita sambungkan di HP android ada pilihan menggunakan MTP atau PTP. Keduanya merupakan protokol transfer file. Atau terkadang muncul juga di HP Android perintah untuk menginstall aplikasi/driver di Windows.

contoh menu tampilan di Android
contoh menu tampilan di Android

Kalo di Linux berbeda. Ketika saya coba langsung pasang pake kabel USB di laptop saya, si HP Android tidak terdeteksi secara otomatis. Nah setelah coba googling, di halaman wiki nya debian ada penjelasan. Disitu dibilang ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghubungkan HP Android dengan Linux. Setelah saya coba, berikut saya coba rangkum cara ngopreknya dibawah ini:

Graphical User Interface

Cara pertama dengan menggunakan paket GVFS (GNOME virtual file system). Dengan GVFS ini nanti kita bisa mengakses HP android kita di file manager Linux seperti Nautilus maupun Thunar. Caranya kita harus memasang dulu paket gvfs-backends. Buka terminal, jalankan perintah berikut dengan akses root:

apt-get install gvfs-backends

kemudian harus restart. Cara ini lebih mudah menurut saya

LibMTP

Cara kedua dengan menggunakan libmtp. Tutorial menggunakan libmtp bisa dilihat pada halaman berikut: https://sourceforge.net/p/libmtp/wiki/Home/ dan http://libmtp.sourceforge.net/

MTP-tools

Cara berikutnya dengan menggunakan MTP-tools. Menurut wiki kita harus install paket: mtp-tools

Saya sudah coba beberapa perintah di terminal untuk memasang paket ini cuman belum berhasil. Beberapa perintah yang saya coba:

apt-get install mtp-tools mtpfs

apt-get install mtp-tools

apt-get install mtp-tools mtpfs libmtp9 libmtp-common libmtp-runtime gvfs-backends

jmtpfs

Cara berikutnya menggunakan jmtpfs.

  • Install paket jmtpfs, dengan perintah:
     
    
    apt-get install jmtpfs 
  • Kemudian buat directory: $ mkdir -p <directory>

  • Merubah hak akses directory tadi: $ chmod 777 <directory>

  • Mounting androd: $ jmtpfs <directory/>

  • Untuk unmount jalankan perintah berikut: $ fusermount -u <directory/>

Dari beberapa cara diatas menurut saya yang paling gampang cara yang pertama, yang menggunakan GVFS. Tapi bisa saja pada HP Android yang berbeda serta OS Linux yang berbeda hasilnya juga beda. Silahkan dicoba.

Semoga Bermanfaat!

Halaman wiki Debian tentang tema ini:

https://wiki.debian.org/mtp

tentang protokol MTP

https://en.wikipedia.org/wiki/Media_Transfer_Protocol

tentang protokol PTP

https://en.wikipedia.org/wiki/Picture_Transfer_Protocol

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran