Pertemuan Tahunan ID-CERT 2017

Hari ini tanggal 13 April 2017 baru saja dilangsungkan pertemuan tahunan ID-CERT 2017 di Gedung Merah Putih Telkom Jl Japati no 1 Bandung. Pertemuan ini diikuti oleh banyak peserta diantaranya, para anggota ID-CERT, komunitas keamanan informasi, dari instansi pemerintah, dari perusahaan dll. Ada yang datang dari Makasar, Medan, Kebumen, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bengkulu dll. Acara ini dibuka oleh Pak Ahmad Alkazimy selaku manajer ID-CERT. Kemudian Pak Ahmad memberikan kesempatan kepada para sponsor untuk memberikan sambutan. Dimulai dari CBN yang diwakili oleh Bapak Achmad Yahya Syarifuddin. CBN (PT. Cyberindo Aditama) adalah salah satu ISP pertama di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1996. Pak Yahya selaku CBN corporate strategy menyatakan CBN akan ikut berkontribusi pada penelitian malware. Kemudian tanggal 16-19 Mei 2017 CBN bekerjasama dengan SGU akan mengadakan acara Cyber Security seminar. Selanjutnya dilakukan serah terima cenderamata berupa Laptop dari CBN diwakili pak Ahmad Yahya ke ID-CERT yang diwakili Pak Budi Rahardjo. Laptop sumbangan dari CBN ini akan digunakan untuk operasional ID-CERT.

Selanjutnya sambutan dari Pak Eko yang mewakili PT Telkom. PT Telkom pada pertemuan ini menyediakan tempat serta konsumsi.  Kemudian sambutan dari PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) diwakili Bapak Dimas Maulana. Pandi bekerjasama penelitian tentang Abuse di Indonesia dengan ID-CERT, dilanjutkan dengan serah terima laporan abuse. Sambutan dari pak Gerry mewakili Qwords. Qwords memberikan bantuan hosting kepada ID-CERT. Qwords senantiasa support kegiatan komunitas di bandung. Terakhir. Kemudian Sambutan dari Kominfo diwakili pak Aris dari direktorat Kaminfo (Keamanan Informasi). Pemerintah mendukung komunitas keamanan di Indonesia. Acara selanjutnya adalah pengenalan ID-CERT oleh Pak Pudi Rahardjo

Pengenalan ID-CERT

ID-CERT berdiri tahun 1998. Jadi ceritanya tahun 1997 pak Budi mengelola domain .id. Pada saat itu ada laporan tentang insiden keamanan di Indonesia. Namun ternyata saat itu belum ada suatu instansi di Indonesia yang menangani masalah keamanan. Kemudian pak Budi berinisiatif membentuk ID-CERT. ID-CERT dimulai oleh Pak Budi dan Pak Andika. Mereka melakukan survey tentang organisasi CERT di Malaysia, Australlia dan Jepang. Kemudian ID-CERT menggagas pembentukan AP-CERT (Asia Pasific CERT). Tahun 1999 diadakan pertemuan pertama AP-CERT di Tokyo. Tahun 2013  ID-CERT mendapat medali kehormatan dari AP-CERT sebagai penghargaan utk salah satu pendiri AP-CERT.

Di tingkat regional saat ini terdapat berbagai macam CERT, ada yang dibentuk komunitas, pemerintah maupun dari industri. Karena Indonesia sangat besar, ID-CERT memandang perlu ada banyak CERT di tingkat regional maupun sektoral. Kedepannya akan ada aturan bahwa semua penyedia layanan publik memiliki tim yang menangani insiden. Kemudian Pak Budi sedang bercerita tetnang RFC 2350.

Utk mendukung operasional ID-CERT mengajak komunitas, perusahaan utk berkontribusi. PT Telkom, CBN, Qwords, XIRKA selalu mendukung ID-CERT. ID-CERT senantiasa memberikan laporan ke Kominfo, Apjii dan pandi. ID-CERT senantiasa membutuhkan dukungan komunitas dan mahasiswa dalam setiap kegiatannya.

Tanya Jawab

Pertanyaan Bu Yulis dari Universitas Widyatama, beliau menanyakan apakah bisa untuk joint riset tentang deteksi Malware? Pak Budi menjawab sangat bisa. Dia bercerita 2 tahun yg lalu telah diadakan Indonesia Malware Summit, mengumpulkan para pelaku malware. Pak Budi cerita juga tentang riset malware yang telah dilakukan ID-CERT, rencana kuliah bersama tentang malware, malware Wiki dll. Intinya adalah ID-CERT selalu terbuka utk penelitan. Pak Budi juga bercerita tentang keterlibatan ID-CERT pada acara AP-CERT drill.

Pertanyaan selanjutnya dari Moko dari kalimantan Selatan, bagaimana kalimantan bisa maju juga dalam hal keamanan?. ID-CERT siap membantu pembentukan CERT di seluruh daerah di Indonesia. ID-CERT secara formal berbadan hukum sejak 2013. Yang diperlukan utk CERT adalah SDM yang mau belajar.

Materi berikutnya akan saya share pada tulisan berikutnya.

Semoga Bermanfaat!

Video rekamannya bisa dilihat di Fanpage ID-CERT pada link berikut

https://www.facebook.com/IDCERT/videos/1392474434108397/

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran