Portofolio mata Kuliah Keamanan Jaringan 2017

Hari ini para dosen mendapat perintah disuruh mojok bareng dan bikin portofolio mata kuliah. Portofolio ini semacam sebuah laporan akhir dari pelaksanaan kuliah. Banyak banget yang harus dilaporkan dalam portofolio, diantaranya:

  1. Kesesuaian materi dengan SAP
  2. Evaluasi Kehadiran Dosen & Mahasiswa
  3. Nilai Akhir Mahasiswa dan evaluasinya
  4. Rata-rata nilai per komponen
  5. Umpan Balik Mahasiswa
  6. Berkas-berkas lembar jawaban assessment, BAP input nilai serta nilai akhir

Nantinya portofolio ini digunakan untuk bahan evaluasi oleh prodi apakah materi perkuliahan yang sudah dijalankan perlu diperbaiki? apakah dosennya perlu dievaluasi dll. Dan setiap kelas yang diajar kita harus bikin satu portofolio sendiri. Hasilnya karena saya ngajar 3 kelas berarti saya harus bikin 3 portofolio. Lumayan banyak!

Untungnya tahun ini bu Ike sudah buat sebuah Google Form yang memudahkan dosen untuk membuat portofolio ini. Jadi lumayan mudah, kalo dulu saya untuk bikin portofolio mata kuliah ini perlu waktu 1 minggu, sekarang 1 hari juga sudah beres.Ok kali ini saya coba share hasil porto keamanan jaringan yang sudah saya kerjakan

  1. Kesesuaian SAP

SAP keamanan jaringan sudah cukup baik, pada semester ini saya mencoba menambahkan beberapa materi baru misalnya Network Forensik, Keamanan Wireless. Beberapa materi yang perlu diperbaiki lagi praktikumnya misalnya VPN, IDS, Authentikasi, Firewall, Metasploit, keamanan web dan Metasploit. Materi tentang Enumerasi perlu dievaluasi. Kedepannya sepertinya perlu materi baru tentang keamanan Smartphone.

2. Kehadiran Dosen & Mahasiswa

Rata-rata kehadiran mahasiswa 75,99% untuk kelas 01 dan 71% untuk kelas 02. Seperti biasa di kampus kami selalu ada saja mahasiswa yang memiliki kemampuan menghilang, selain itu juga ada juga beberapa mahasiswa ghaib (namanya ada tapi wujudnya gak ada).

Kalo kehadiran dosen, walaupun semester ini banyak hambatan seperti visitasi akreditasi maupun tugas negara lainnya, alhamdulillah saya bisa melunasi kehadiran di perkuliahan 100%. Nah di kuliah kamjar ini selalu ada kesulitan mencari asisten, karena kuliahnya di semester 5. Untungnya ada beberapa siswa ekstensi yang bisa membantu walaupun harus menyesuaikan dengan jadwal kuliahnya.

3. Nilai akhir mahasiswa

Sebagian besar siswa lulus, sekitar 86%. Total ada 11 siswa yang tidak lulus. Nilai terbaik diraih oleh nim 6702150003 dan 6702151054 selamat ya. Namun semester ini banyak siswa yang komplain nilai. Alasannya macam-macam,

4. Rata-rata nilai per komponen

Kuliah kamjar ini penilaiannya ada 4 komponen. Assessment 1, 2 dan 3 serta tugas dan praktikum. Rata-rata nilai:

assessment 1: 72.78

Assessment 2:53.11

Assessment 3: 64.08

Tugas & Praktikum: 56.25

Masing2 assessment bobotnya 20%, sementara tugas dan praktikum 40%. Rata-rata nilai assessment paling rendah, padahal sebenarnya materinya sudah dikerjakan pada waktu latihan. Sayang sekali nilai tugas & praktikum juga tidak terlalu baik, padahal bobotnya besar. Ada yang males ngumpulin tugas dan ada juga yang nyontek dari temannya.

Umpan Balik mahasiswa

Hasil kuesioner Edom 89% dan 85%. Cuman sayangnya cuman sedikit yang ngisi kuisioner Edom. Padahal di kelas sudah berulangkali saya ingatkan

Kendala lainnya di semester ini, saya melihat masih banyak siswa yang kemampuan konfigurasi jaringan serta kemampuan linuxnya masih kurang. Padahal harusnya mereka sudah lulus kuliah jarkom dan sisop. Jadinya mereka agak kesulitan ketika harus praktek di kuliah kamjar.

Sementara itu materi kuliah kamjar tahun ini bisa dilihat di bawah ini:

Kajian 1

Materi Kuliah Keamanan Jaringan 2017

Game Hackthegame

Latihan 2 Keamanan Jaringan

Latihan 3 Keamanan Jaringan – Scanning dengan nmap

Latihan 4 Keamanan Jaringan – Enumerasi

Latihan 6 Keamanan Jaringan

Latihan 7 Keamanan Jaringan

Materi tambahan Metasploit

Latihan 8 Keamanan Jaringan

Latihan 9 Keamanan Jaringan – Web Security

Persiapan Assessment 1 Keamanan Jaringan

Kajian 2

Latihan 10 Keamanan Jaringan – Enkripsi

Latihan 11 Keamanan Jaringan

Latihan 12 Keamanan Jaringan

Latihan 13 Keamanan Jaringan

Latihan 14 Keamanan Jaringan

Latihan 15 Keamanan Jaringan

Latihan 16 Keamanan Jaringan

Review Kajian 2 Keamanan Jaringan

Kajian 3

Latihan 17 Keamanan Jaringan

Latihan 18 Keamanan Jaringan Digital Forensik

Latihan 19 Keamanan Jaringan – Network Forensik

Latihan 20 Keamanan Jaringan

Vulnerability Scanner : Memindai celah keamanan

Tentang teknik Hardening Server

Kajian 3: Pengujian Sistem

Assessment Kajian 3: Attack Defense

Semoga Bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran