Portofolio Mata Kuliah

Selama 2 hari terakhir kami para dosen pengajar “dikandangin“. Karena perintah Kaprodi yah mau gak mau nurut aja. Agendanya adalah workshop pembuatan portofolio mata kuliah.  Judul workshop kali ini memang agak susah, pembuatan portofolio. Apa sih sebenarnya portofoliomata kuliah?

Menurut tafsiran saya portofolio ini adalah semacam dokumen yang berisi evaluasi pengajaran yang telah dilakukan pada semester ini.

Portofolio ini berisi pendahuluan, deskripsi tentang mata kuliah, metode pembelajaran yang digunakan, media pembelajaran , evaluasi pembelajaran, statistik, umpan balik mahasiswa, silabus singkat, gbpp, refleksi dan solusi serta lampiran. Lampiran berisi macam-macam dokumen, diantaranya:

1. Silabus

2. SAP

3. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

4. GBPP / RPP

5. Soal Assessment dan berita acara pengesahan naskah assessment

6. Berita Acara Penilaian

7. contoh berkas assessment

portofolio mata kuliah
portofolio mata kuliah

Pada bagian evaluasi pembelajaran, terdapat bagian-bagian lagi, diantaranya ada

  1. Tingkat kesesuaian materi perkuliahan (BAP) dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
  2. Tingkat Partisipasi Dosen dan Mahasiswa
  3. Prosentase Sebaran Nilai
  4. Pencapaian sasaran mutu perkuliahan kelulusan
  5. dan Evaluasi per Kajian

Nah dari data-data diatas akan dibandingkan dengan target yang diberikan. Misalnya untuk kesesuaian materi perkuliahan yang dijalankan dengan materi pada SAP minimal 90%. Untuk kehadiran minimal dosen adalah 96 %, sementara rata-rata kehadiran mahasiswa adalah 75%. Untuk sebaran nilai, targetnya adalah penilaian membentuk kurva normal. Untuk tingkat kelulusan mahasiswa targetnya adalah 85% lulus.

Pada bagian statistik ditampilkan berapa mahasiswa yang mendapat nilai A, berapa B dst. Yang cukup menarik adalah pada bagian umpan balik mahasiswa. Bagian ini diambil dari hasil survey kepuasan mahasiswa. Dari hasil survey kepuasan mahasiswa ini ada semacam penilaian tentang kinerja dosen oleh mahasiswa. Terakhir dilampirkan juga contoh berkas soal assessment serta contoh jawaban assessment mahasiswa.

Cukup menarik sebenarnya pembuatan portofolio ini. Hanya saja terkadang data-data yang didapat tidak menggambarkan kondisi pengajaran yang sebenarnya. Pembuatan dokumen seperti ini cukup melelahkan sebenarnya untuk dosen seperti saya. Mungkin ada baiknya bila portofolio bisa di generate secara otomatis dari berbagai data yang telah ada dari portal i-gracias. Mungkin ada mahasiswa yang tertarik untuk membuat aplikasi yang dapat melakukan generate portofolio secara otomatis?

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran