Proyek Akhir

Setiap akhir semester, mahasiswa sering bertanya kepada saya tentang Proyek Akhir. Intinya saya sangat senang untuk membimbing Proyek akhir maupun Tugas Akhir terutama untuk tema-tema di bidang security. Bila anda mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari ide tentang proyek akhir, saya sarankan sebaiknya anda cari tahu topik apa di kuliah yang anda senangi. Misalnya anda senang tentang kuliah security,  baru kemudian anda coba konsultasi dengan dosen yang menguasai tentang tema tersebut.

Memilih topik PA ini cukup penting, karena selama 6 bulan kedepan, setiap hari mulai dari bangun tidur sampai gak bisa tidur, topik PA itulah yang akan anda pikirkan dan anda hadapi. Jangan sampai memilih topik hanya karena ikut teman. Umumnya dosen sudah punya topik penelitian, jangan terburu-buru mengambil topik penelitian dari dosen. Sebaiknya anda baca-baca dan pelajari dulu tentang topik yang ditawarkan dosen. Hindari juga memilih topik cuman karena dosennya asyik, atau dosennya keren.

Kalo topiknya anda sudah senangi pelajari juga tools apa,  pengetahuan dan skill apa yang dibutuhkan untuk mengerjakan PA tersebut. Jangan sampe anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan dasar tentang tools yang dibutuhkan dalam pengerjaan PA tersebut.

Setelah menentukan judul, mulailah konsultasi dengan calon dosen pembimbing. Kemudian kerjakan PA dengan disiplin. Sebaiknya anda punya target setiap hari wajib selama 2-4 jam untuk mengerjakan PA. Mulai susun catatan kecil atau semacam log book untuk proyek akhir anda. Bisa ditulis di buku (seperti buku diary), atau berupa blog. Misalnya anda hari ini baca artikel tentang PA anda, tulis dalam catatan anda. Atau hari ini anda ngoprek sesuatu tapi gagal, tulis juga dalam blog anda langkah2nya.

Mengerjakan PA butuh ritme, jadi kalo anda 1-2 hari saja tidak mengerjakan PA maka seterusnya akan terbawa malas. Anggap saja seperti ketemu pacar setiap hari. Terus susun jadwal rutin seminggu sekali ketemu dosen pembimbing. Walaupun PA anda belum ada progres tetap rutin bimbingan. Ceritakan permasalahan yang dihadapi. Saya yakin dengan ketemu pembimbing anda akan dapat inspirasi untuk menyelesaikan masalah 🙂

Fokus, dan tinggalkan aktifitas yang tidak penting. Usahakan saling memotivasi dengan teman-teman agar bisa wisuda bersama.

Selamat berjuang!

Beberapa inspirasi tentang Proyek akhir maupun tugas akhir bisa dilihat di bawah ini:

Tulisan tentang berbagai tema proyek akhir di bidang Security

Sosialisasi Proyek Akhir

Galau PA

Cari Judul Proyek Akhir

 

Roadmap Penelitian Dosen

Tools Security Open Source

Judul judulan

Belum ada judul

Ossim

 

berbagai judul proyek akhir mahasiswa yang pernah saya bimbing:

Judul PA

 

Update Daftar Mahasiswa Bimbingan

 

Daftar Judul Proyek Akhir D3 Teknik Komputer 2008-2015:

http://dce.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/judul-PA-TK-2008_2015.pdf