Rekap Kuliah Keamanan Jaringan

Semester Genap 2016 telah berakhir. Di akhir semester biasanya dosen diminta untuk membuat portofolio mata kuliah. Isinya adalah bahan evaluasi terhadap proses pengajaran. Pada semester ini saya mengajar 3 mata kuliah, yaitu Pemrograman Shell, Sistem Operasi dan Keamanan Jaringan. Kali ini saya akan coba share hasil rekap kuliah keamanan jaringan.

Deskripsi

Mata kuliah keamanan jaringan di semester ini adalah kelas yang diselenggarakan oleh Prodi D3 Teknik Telekomunikasi. Pelaksanaannya di semester 2.

Mata Kuliah Keamanan Jaringan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mengenal tentang pentingnya keamanan, kasus- kasus keamanan jaringan, aspek servis dan keamanan, dasar keamanan jaringan, kriptografi, steganografi, evaluasi dan eksploitasi keamanan, pengamanan dan audit sistem keamanan, dan perkembangan sistem keamanan. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar sistem keamanan jaringan.

Materi kuliah ini memiliki 10 topik kajian, yaitu: (1) Pendahuluan Keamanan Jaringan; (2) Pengenalan Sistem Operasi Open Source; (3) Footprinting dan Scanning; (4) Virtual Private Network; (5) Firewall dan Access List; (6) Dasar Keamanan Jaringan; (7) Web Security System; (8) Denial of Service Attacks; (9) System Penetration; 10 Wireless Hacking.

Praktikum Keamanan Jaringan menggunakan OS Linux Ubuntu, Virtual Box, aplikasi Nmap, VPN, Firewall, Hping, Metasploit, Airmon-ng dan Aircrack-ng. Seluruh kegiatan dilakukan dengan menggunakan Laptop mahasiswa.

Evaluasi

Tingkat kehadiran mahasiswa cukup baik yaitu 90%. Hanya ada 2 siswa yang kehadirannya rendah. Dari sisi nilai ada 4% siswa yang tidak lulus. Penilaian terdiri dari ujikom teori, ujikom praktek, praktikum dan tugas. Nilai rata-rata ujikom teori 60, rata-rata ujikom praktek 52, Praktikum 79 dan rata-rata tugas 66.

Ujikom teori masih menggunakan moodle. Nilai tertinggi diperoleh siswa dengan NIM 6705150015, peringkat dua mahasiswa dengan NIM 6705154195. Rata-rata kepuasana mahasiswa adalah 81,4%. Semester ini ada materi baru yaitu tentang Digital Forensik.

Kendala utama perkuliahan ini adalah karena dilaksanakan di semester 2. Dimana mahasiswa belum mendapat mata kuliah sistem operasi dan jaringan komputer. Jadi kebanyakan mahasiswa belum punya basic skill tentang Linux. Untungnya di mata kuliah ini saya banyak dibantu oleh asisten praktikum.

Materi perkuliahan bisa dilihat pada link berikut:

perkenalan

Latihan 1

Latihan 2

Latihan 3

Latihan 4

Latihan 5

Latihan 6

Latihan 7

Latihan 8

Latihan 9

Latihan 10

Latihan 11

Latihan 12

summary

Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Rekap Kuliah Keamanan Jaringan

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran