Rekap Kuliah Pemrograman Shell 2016

Semester ini saya diminta ngajar kuliah pemrograman shell di kelas D3-TK-39-03. Alhamdulillah minggu lalu saya berhasil menyelesaikan rekap kuliah pemrograman shell 2016. Setelah perkuliahan biasanya dosen diminta membuat portofolio mata kuliah. Portofolio mata kuliah biasanya digunakan untuk bahan evaluasi perkuliahan. Berikut beberapa rangkuman dari portofolio mata kuliah pemrograman shell.

Pemrograman Shell

Mata kuliah pemrograman shell ini bertujuan agar mahasiswa memiliki keahlian membuat program pada lingkungan shell di sistem operasi Linux. Kemampuan programming di shell adalah kemampuan yang dibutuhkan oleh admin jaringan. Kuliah ini diselenggarakan di semester 3 pada kurikulum 2016. Materi yang diajarkan di kuliah pemrograman shell ini adalah:

  • pengantar shell programming,
  • variabel dan array,
  • redirection dan pipe,
  • substitusi dan eksekusi perintah bersyarat,
  • operator,
  • struktur kendali,
  • parameter,
  • fungsi.
  • IoT

Rata-rata tingkat kehadiran siswa di kelas ini tidak terlalu baik, cuman mencapai 71%.  Ada 11 siswa yang memiliki tingkat kehadiran yang kurang. Beberapa siswa yang kehadirannya kurang, ngakunya karena susah bangun pagi. Sementara itu penilaian di kuliah pemrograman shell diambil dari nilai Asessment dan Tugas dengan persentase:

  • Assessment 1: 30%
  • Assessment 2: 25 %
  • Assessment 3: 15 %
  • Tugas & Praktikum:30 %

Persentase penilaian ini sudah ditetapkan oleh koordinator mata kuliah. Di kelas ini  yang meraih nilai tertinggi ada 2 siswa dengan NIM: 6702151056 dan 6702150023, selamat ya. Sementara untuk nilai tertinggi pada masing-masing Assessment adalah siswa dengan NIM berikut:

  • Assessment 1: 6702151056
  • Assessment 2: 6702150023
  • Assessment 3: 6702150011

Assessment 1 dan 2 dalam bentuk ujian praktek individu. Sementara kajian 3 adalah membuat tugas besar yang kemudian dipresentasikan di kelas. Dari hasil evaluasi diperoleh data rata-rata nilai assessment mahasiswa per assessment adalah:

  • assessment 1: 63.81
  • assessment 2: 57.47
  • Assessment 3: 50.31

Dari nilai rata-rata hasil assessment terlihat terjadi penurunan dari assessment 1 sampai 3, kenapa ya? Sementara itu untuk hasil survey kepuasan EDOM (evaluasi dosen oleh mahasiswa) cukup baik yaitu 96,36. Namun kayaknya gak semua siswa ngisi kuesioner. Dari data terlihat cuman ada 11 siswa yang mengisi kuesioner tersebut.

Secara keseluruhan perkuliahan berjalan dengan baik. tapi tetap ada beberapa kendala yang saya hadapi diantaranya:

  1. Siswa tidak memiliki dasar tentang Linux yang cukup baik.
  2. Kendala berikutnya pada kajian 3 tentang IoT materi praktek tentang Raspberry. Siswa menghadapi kesulitan dalam instalasi dan konfigurasi Raspbian.
  3. Gak ada asisten praktikum yang membantu kegiatan praktikum

Kumpulan tugas dan materi kuliah pemrograman shell 2016 bisa dilihat disini:

Kajian 1 dan 2

Materi Kuliah Pemrograman Shell

Rekap Kajian 2 Pemrograman Shell

Kajian 3

Latihan 17 Shell Raspberry-Pi

Latihan 18 Raspberry-Pi Config

Tugas Besar Pemrograman Shell

 

Animasi di Shell

 

Semoga Bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran