Rekap Kuliah Sistem Operasi

Semester Genap 2016 telah berakhir. Pada semester ini saya mengajar 3 mata kuliah, yaitu Pemrograman Shell, Sistem Operasi dan Keamanan Jaringan. Pada tulisan sebelumnya saya telah coba membahas hasil evaluasi kuliah Pemrograman Shell dan Keamanan Jaringan. Kali ini saya akan coba share hasil rekap kuliah Sistem Operasi.

Deskripsi

Mata kuliah Sistem Operasi (Sisop) ini tidak ada hubungannya tentang operasi yang dilakukan dokter, ataupun operasi yang dilakukan bapak polisi. Tapi tentang sistem operasi di komputer. Isinya tentang pengenalan sistem operasi Windows, Linux, serta semua fungsi yang ada di dalamnya. Misalnya tentang manajemen proses, manajemen memori, input-output, manajemen file, troubleshooting dan keamanan sistem operasi.

Sisop ini diselenggarakan di semester 2. Di semester ini saya mengajar Sistem Operasi di 2 kelas, D3KA-39-01 dan KU1022-T1. Satu kelas di program studi Komputerisasi Akuntansi dan satu lagi di prodi Teknik Komputer. Yang di KA, kelas reguler, kelas TK adalah kelas pendalaman.

Materi Kuliah

Saya agak membedakan cara pengajaran untuk 2 kelas ini. Untuk kelas KA lebih banyak materi tentang Windows, sementara di kelas TK lebih banyak bermain di Linux. Untuk Windows yang digunakan Windows 8 dan 10, untuk Linux dari distro Linux Mint 17.1.

Pada kuliah sisop ini saya tidak terpaku dengan SAP dan silabus. Karena materi Sisop menurut silabus terlalu teoritis. Lebih cocok untuk anak S1 dibandingkan anak D3. Materi Sisop menurut SAP bisa dilihat bawah ini:

  1. Pendahuluan Sistem Komputer dan Review Sistem Operasi
  2. Teori Dasar Sistem Operasi. (Proses, Multiprogramming- Multi prosesing, multitasking)
  3. Instalasi Sistem Operasi (VMWare, Windows 8, Linux Mint 17.1)
  4. Perintah Dasar
  5. Manajemen Proses dan Memori
  6. Manajemen I/O dan manajemen File
  7. Troubleshooting
  8. Security

Evaluasi

Kehadiran mahasiswa untuk kelas KA cukup baik mencapai 92%, sementara untuk kelas TK hanya 82%. Catatannya untuk kelas TK pesertanya hanya 2 siswa. Sebaran nilai cukup baik. Nilai rata-rata kelas untuk KA adalah 72,14.  Sementara untuk kelas TK 80. Kepuasan mahasiswa hasil survey EDOM di kelas KA mencapai 85%, cukup tinggi.  Sementara di kelas TK 91%. Dari hasil survey ini saya mendapat nilai yang rendah pada pertanyaan berikut:

  • Apakah Dosen mengulas kembali materi kuliah terdahulu di setiap awal perkuliahan?

Pada kuliah ini saya dibantu oleh para asisten praktikum. Sangat membantu, cuman para asprak ini sering telat. Materi kuliah menurut saya perlu diupdate. Perlu lebih banyak praktek lagi. Materi yang agak sulit bagi mahasiswa di kajian 2, tentang manajemen proses. Kendala lainnya adalah di kelas pendalaman. Seperti di kelas-kelas lainnya,  tingkat kehadiran mahasiswa yang mengulang selalu rendah. Mungkin saya harus lebih galak 🙁

Saya kali ini tidak memberi tugas besar. Ada usulan dari dosen lain untuk memberi tugas remastering OS. Kedepannya menurut saya perlu dikenalkan juga tentang Android.

Semoga Bermanfaat!

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran