Review buku Japan I am coming

Saya baru saja selesai membaca buku Japan I am coming. Buku ini ditulis oleh Murni Handayani. Buku ini bercerita tentang berbagai tips buat yang ingin kuliah di Jepang. Ada berbagai informasi beasiswa untuk studi di Jepang. Mulai dari beasiswa S1, S2, S3 ada juga info tentang program pelatihan guru, bahkan juga beasiswa untuk program D3 dan D2.

Japan I am coming

Buku ini ditulis oleh ibu Murni, beliau peneliti di LIPI saat ini sedang S3 di Osaka University. Beliau sendiri sejak tahun 2010 studi di Jepang, mulai dari S2, dan mendapat beasiswa Monbukagakusho / MEXT dari pemerintah Jepang. Di buku ini mbak Murni bercerita cukup jelas tentang bagaimana kuliah di Jepang, tentang sistem pendidikan di sana dan tentang biaya hidup di Jepang.

Beasiswa

Buku ini dibagi dalam beberapa Bab. Masing-masing bab bercerita tentang berbagai jenis beasiswa untuk studi di Jepang. Jadi ada bab tentang beasiswa Monbukagakusho, ada bab tentang beasiswa Inpex Foundation, beasiswa Panasonic, beasiswa ADB-JSP, Mitsui Bussan, Ajinomoto, Hitachi, LPDP dan Beasiswa Dikti.

Semua bab tersebut memaparkan cukup detail tentang persyaratan untuk mendaftar beasiswa tersebut, dokumen apa yang kita butuhkan untuk melamar beasiswa serta tips dan trik. Mulai dari tips ketika mengirimkan pendaftaran beasiswa, tips ketika ujian, tips ketika wawancara dll.

Kuliah Tanpa Beasiswa

Yang menarik juga ada satu Bab yang bercerita tentang bagaimana caranya kuliah di Jepang tanpa beasiswa. Jadi kalo kamu sangat tertarik untuk kuliah di jepang, tapi ternyata belum berhasil dapat beasiswa, jangan ragu baca buku ini. Disini mbak Murni cerita tentang berapa perkiraaan biaya kuliah di Jepang. Berapa biaya hidup di Jepang. Serta beberapa tips untuk bisa kuliah secara mandiri. Misalnya dengan kerja part time, bekerja sebagai research assistant di kampus maupun mencari beasiswa dalam negeri di Jepang.

Di bab terakhir beliau cerita juga tentang LoA alias Letter of Acceptance. Bagaimana tips untuk mendapatkan LoA dari professor di Jepang. Serta bab terakhir beliau cerita tentang apa saja yang harus kita persiapkan untuk menjadi pemburu beasiswa studi ke Jepang.

Buku yang sangat menarik. Berisi info yang sangat detail. Dengan harga yang cukup murah juga. Sangat berguna buat kamu yang tertarik untuk studi di Jepang. Sebagai penutup saya kutip satu Quote di buku ini:

Ganbareba Dekiru , Jika Bersungguh-sungguh dalam berusaha pasti bisa

Semoga Bermanfaat!

Info tentang penulis buku ini bisa dilihat di blog beliau pada alamat berikut:

https://murnihanda.wordpress.com

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran