Roadmap Penelitian Dosen

Minggu ini para dosen sibuk diminta membuat Roadmap Penelitian dosen. Maksudnya sebuah rencana penelitian yang akan dilakukan selama 5 tahun. Memang selain mengajar dosen diwajibkan juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian yang dilakukan ini harus disusun dulu rencananya dalam bentuk Roadmap. Kenapa disebut roadmap? Entahlah, mungkin biar lebih mudah disebut dibandingkan rencana penelitian  🙂

Nah repotnya roadmap ini harus dibikin sejalan dengan rencana induk penelitian Kampus (RIP) . Jadi para sesepuh kampus duduk bersama untuk menentukan ke arah mana penelitian yang dilakukan para dosen di kampus ini. Penyusunan RIP ini memperhatikan berbagai faktor baik internal maupun eksternal kampus. Diantara faktor ekternal ada Buku Putih Kementerian Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), tren Perkembangan teknologi pada 20 tahun mendatang dll. Kalo faktor internal biasanya melihat potensi dari para dosen di kampus, visi dan misi kampus dll.

Kemudian munculah beberapa bidang penelitian unggulan kampus. Topik-topik ini kemudian menjadi acuan dari Kelompok Keahlian (KK) dalam menentukan rencana penelitiannya. Kelompok Keahlian ini merupakan tempat berkumpulnya dosen yang memiliki bidang keahlian yang sama. Di Fakultas ilmu terapan terdapat 7 buah KK. Ada Programming, Multimedia dll. Saya tergabung dengan KK Embedded & Network System (ENS).

Kemudiah dari rapat KK dipilihlah sebuah bidang unggulan sebagai tema riset bersama. Dari Bidang unggulan dibuatlah Fishbone Roadmap penelitian.  Fishbone merupakan diagram yang menjelaskan langkah-langkah penelitian yang akan dikerjakan bersama selama 5 tahun.  Diagram ini mirip dengan tulang ikan sehingga disebut fishbone. KK ENS sepakat mengambil bidang Smart Campus dan Smart Living sebagai tema penelitian. Sebenarnya ini merupakan hasil rembukan dari para dosen. Karena masing-masing mempunyai minat yang berbeda, ada yang minatnya tentang robot, security, smart systems dll.

Fishbone KK kami terdiri dari 4 topik besar penelitian, ada Computer Control System, Internet of Thing, Biomedic and Biometric, dan Urban Farming and Green Computing. Dari topik Internet of Thing dibagi lagi jadi 3 subtopik. Diantaranya Encryption and Network Security. Di bagian ini saya diminta membuat rencana penelitian saya selama 5 tahun. Dari rencana ini kemudian diturunkan menjadi topik-topik proyek akhir mahasiswa. Proses yang sangat panjang memang dan cukup membuat puyeng 🙂 Menurut para sesepuh tujuan dibuatnya roadmap ini katanya agar penelitian menjadi lebih jelas, terarah dan terukur. Baiklah sekarang saya harus kembali bersemedi untuk menyelesaikan roadmap penelitian, sebelum ditagih lagi oleh ibu ketua KK.

Semoga bermanfaat!

Rencana Induk Penelitian Telkom University bisa dilihat pada link berikut:

http://ppm.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/20140430-Rencana-Induk-Penelitian-PS-REVISI-FINAL.pdf

Buku Putih Penelitian, Pengembangan dan PenerapanIlmu Pengetahuan dan Teknologi:

http://www.ristek.go.id/file/upload/Referensi/program/Rangkuman%20Buku%20Putih.pdf

Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

http://www.ristek.go.id/file/upload/ebook_web/mp3e1/MP3EI_versi%20Ind.pdf

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran