Standar Konten Web

Minggu ini saya disibukan dengan persiapan audit mutu internal. Salah satu poin audit kali ini adalah tentang web. Jadi website harus mengikuti standar konten web yang dikeluarkan oleh Direktorat Sistem Informasi Tel-U. Isinya adalah panduan, menu apa aja yang harus ada pada web Fakultas, web Prodi dll. Serta konten apa saja yang harus ada di web. Bahkan blog dosen pun harus mengikuti standar konten web ini.

Standar Konten Web

Karena saya ngerangkap jadi ngadimin web fakultas, yah terpaksa musti ngikutin standar konten web tadi. Ternyata banyak juga yang harus diedit, karena konten menunya cukup banyak. Belum lagi sub-menunya. Wah seru lah. Ini contoh standar konten menu Fakultas:

standar konten web fakultas

Ada sekitar 11 menu dengan banyak anaknya. Jadi ada banyak Halaman yang musti dicreate. Belum lagi ternyata jumlah postnya juga diperiksa. Karena ada standarnya, untuk web Fakultas harus minimal 2 post/minggu:

standar update web

Standar Performa Web

Untuk kategori jumlah posting ini, fakultas kami lumayan rajin. Walaupun sementara ngadiminnya baru seorang tapi yah masih disempet-sempetin update posting. Selain jumlah posting ternyata ada juga standar performansi web. Kalo menurut dokumennya standar kecepatan loading page.  Ini saya copas dari dokumennya:
Standar Kecepatan Google PageSpeed Insight :
Mobile Speed : 80/100
Desktop Speed : 90 / 100
Cara menguji Kecepatan Loading Page adalah dengan menginputkan URL subdomain di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/  Nah hasil pengujian kecepatan ini kurang memuaskan, cuman dapet nilai 60.

hasil pengujian kecepatan loading web

Standar Konten

Wah berarti webnya masih termasuk lemot. Cuman saya belum tau bagaimana cara untuk membuat waktu loadingnya lebih cepat. Nanti musti dioprek lagi. Dan satu lagi ada ketentuan tentang konten yang dilarang, tentunya sesuai dengan UU ITE tahun 2008. Berikut ini ketentuannya saya copas dari dokumen standar konten web:

Seluruh pengguna dari blog dan website utama Telkom University dilarang keras membuat tulisan yang telah disebutkan dalam perundang-undangan UU ITE No 11 Tahun 2008 Pada Bab VII mengenai Perbuatan yang dilarang:

Pasal 27
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian.
(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.
(4) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.
Pasal 28
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).
Pasal 29
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.
Pasal 36
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 34 yang mengakibatkan kerugian bagi Orang lain

Dokumen lengkapnya bisa diunduh pada link berikut:

Dokumen standar konten web telkom university

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran