Tentang Docker

Belakangan ini Docker lagi populer. Banyak perusahaan besar sekarang beralih menggunakan Docker. Sebenarnya apa sih Docker? Apa yang membuat docker ini begitu populer saat ini? Saya akan coba bahas sedikit tentang Docker.

Apa sih Docker?

Pertanyaan pertama yang muncul tentunya apa itu Docker? Docker sebernya merupakan nama sebuah projek open source yang memanfaatkan teknik Container. Container sendiri merupakan sebuah teknik Virtualisasi pada sistem operasi. Selama ini teknik virtualisasi yang populer digunakan adalah Virtual mesin. Dimana kita bisa memasang beberapa sistem operasi virtual pada sebuah sistem operasi. Misalnya kita bisa memasang OS Linux, Windows 10, FreeBSD pada sebuah komputer.

dari zdnet.com
dari zdnet.com

Kalo container adalah sistem terisolasi yang ditaruh di sebuah Operating System. Pada gambar di atas terlihat bahwa kita bisa membuat beberapa container pada sebuah sistem operasi. Docker merupakan sebuah aplikasi container. Walaupun hanya berupa sebuah container, docker dapat menjalankan aplikasi dengan baik karena didalmnya telah memiliki code, runtime, system tools, system libraries.

Keunggulan Docker

Keunggulan dari Docker, adalah membutuhkan resource hardware yang lebih ringan. Untuk memasang beberapa Virtual mesin dalam sebuah komputer diperlukan resource hardware yang besar. Sementara Docker jauh lebih ringan. Karena container-container ini menggunakan sebuah sistem operasi secara bersama. RAM yang dibutuhkan juga lebih kecil, space harddisk juga lebih sedikit.

Docker juga bersifat open platform, dapat dijalankan di Linux, Windows maupun Mac. Masing-masing container ini dipasang pada sistem yang terisolasi. Docker juga membuat waktu yang dibutuhkan pada saat proses instalasi dan konfigurasi menjadi lebih cepat. Kelebihan lainnya dari Docker ini dapat dilihat pada website berikut ini.

Docker ini sangat menarik untuk dicoba dan diteliti. Silahkan kalau ada mahasiswa atau dosen yang tertarik mencoba docker?

Semoga Bermanfaat!

Beberapa referensi tentang Docker

Can’t Contain(erize) the Hype – is Docker real or a bubble?

https://docs.docker.com/engine/understanding-docker/

https://en.wikipedia.org/wiki/Docker_%28software%29

https://opensource.com/resources/what-docker

http://www.zdnet.com/article/what-is-docker-and-why-is-it-so-darn-popular/

Data Statistik tentang penggunaan Docker

https://www.datadoghq.com/docker-adoption/

http://thenewstack.io/popular-docker-depends-ask/

http://www.businesscloudnews.com/2016/02/11/exponential-docker-usage-shows-container-popularity/

Tutorial tentang docker

https://docs.docker.com/engine/getstarted/

Perbandingan Docker dengan Virtual Mesin

Docker vs VMs

http://www.networkcomputing.com/cloud-infrastructure/virtual-machines-vs-containers-matter-scope/2039932943

Video pengenalan tentang Docker

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran