Cara Upgrade Libre Office

Sebagai salah satu pendukung aplikasi open source, saya telah lama meninggalkan aplikasi bajakan. Untuk menulis dan merubah dokumen yang sederhana saya menggunakan Libre Office. Sementara untuk dokumen ilmiah saya menggunakan LaTeX dan Lyx. Menggunakan Libre cukup mudah, karena memang mirip dengan Microsoft Office. Hanya saja yang agak nyusahin kalo kita harus update/upgrade Libre ke versi baru. Kenapa dibilang nyusahin, karena proses update tidak otomatis.  Maksudnya sekali klik kemudian beres. Berikut saya coba share cara upgrade Libre Office di Linux Debian 64 bit:

Setiap kita menjalankan libreoffice, maka aplikasi akan menguji apakah ada update terbaru di Internet. Bila ada update, Libre akan memberikan notifikasi di sebelah kanan atas pada menu Libre. Kalo notifikasi ini kita klik maka akan muncul link untuk mengunduh versi terbaru Libre, seperti gambar dibawah ini:

cara upgrade libre office 1

Selanjutnya tinggal klik Download, maka kita akan diarahkan ke webnya libre. Selanjutnya tinggal pilih download seperti gambar berikut:

download libreDi halaman tersebut terdapat beberapa versi Libre, Main Installer adalah versi stabil terbaru. Setelah di klik tinggal tunggu sebentar. Atau bila tautan tadi tidak berfungsi, kita bisa unduh dari halaman berikut ini:

http://www.libreoffice.org/download/libreoffice-fresh/

Langkah berikutnya adalah kita harus terlebih dahulu menghapus Libre Office yang ada di komputer kita. Caranya buka terminal, dengan jalankan perintah berikut:

su apt-get remove --purge libreoffice*

Setelah Libre yang lama terhapus, baru kita bisa menginstall versi Libre terbaru. Caranya kembali jalankan terminal, pindah ke direktori tempat kita mengunduh versi libre terbaru tadi. Kemudian kita ekstrak dengan perintah berikut:

tar -zxvf LibreOffice_5.1.2_Linux_x86-64_deb.tar.gz

kemudian File tadi akan diekstrak ke sebuah folder LibreOffice_5.1.2.2_Linux_x86-64_deb. Selanjutnya tinggal jalankan perintah berikut satu-persatu

 cd LibreOffice_5.1.2.2_Linux_x86-64_deb/
 cd DEBS/
 dpkg -i *.deb

Versi yang saya install adalah versi 5.1.2 untuk Linux Debian 64 bit. Untuk versi dan distro Linux yang berbeda nama file yang digunakan juga berbeda. Tinggal anda sesuaikan perintah-perintah diatas dengan versi libre yang anda unduh. Memang proses instalasi belum otomatis. Kita harus ikuti langkah update satu persatu. Walaupu begitu, mari kita tinggalkan software bajakan dan dukung terus aplikasi open source. MERDEKA! (dari software bajakan)

Semoga Bermanfaat.

Beberapa referensi:

https://wiki.documentfoundation.org/Installing_LibreOffice_on_Linux

http://www.libreoffice.org/download/libreoffice-fresh/?type=deb-x86_64

http://www.cyberciti.biz/faq/howto-open-a-tar-gz-file-in-linux-unix/

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran