Wargame Overthewire

Liburan gini kalo lagi gak ada kerjaan, ada baiknya mencoba bermain Wargame. Wargame ini istilah untuk game maupun challenge yang dibuat untuk bermain sambil belajar tentang security. Biasanya dari wargame kita bisa belajar banyak hal tentang security. Misalnya kita bisa belajar tentang pentest, web security, cryptography, password, reverse engineering dll. Ada banyak wargame yang seru. Diantaranya ada wargame Overthewire (OTW).

Over The Wire

Overthewire ini dibuat oleh komunitas tujuannya untuk memudahkan kita belajar tentang security secara menyenangkan. Di OTW ini terdapat banyak games menarik. Ada Bandit, Natas, Leviathan, Narnia, Krypton, Behemoth, Utumno, Maze, dst.

OTW menyarankan untuk pemula mulai dari game Bandit dulu yang paling mudah. Urutannya mainnya sebagai berikut:

  1. Bandit
  2. Leviathan atau  Natas atau Krypton
  3. Narnia
  4. Behemoth
  5. Utumno
  6. Maze

Game Bandit memiliki banyak level dari level 0 – 27. Di game bandit ini yang diperlukan adalah beberapa kemampuan dasar tentang Linux. Untuk main Bandit ini kita perlu melakukan akses ke sebuah remote server (SSH). Jadi sebaiknya pake OS Linux, Mac, tapi untuk pengguna Windows bisa juga menggunakan putty. Di setiap level kita akan diminta untuk mencari sebuah password. Password ini kita perlukan untuk akses ssh ke level berikutnya.

Selanjutnya ada game Leviathan. Game ini mirip seperti Bandit. Kita akan mengakses sebuah server menggunakan SSH dan butuh skill tentang Linux. Hanya Leviathan ini lebih sulit daripada bandit. Ada level 0-7. Tugasnya sama seperti bandit, mencari password.

Kemudian ada game Natas. Game ini tentang keamanan pada web. Disini gak pake SSH lagi, kita akan diberi sebuah alamat website. Untuk mengakses alamat website ini perlu login dan password. Nah tugas kita adalah mencari password. Password ini kita perlukan untuk login ke level berikutnya. Natas tersedia dari level 0 -33.

Kalo game krypton dibutuhkan pengetahuan tentang cryptography, karena passwordnya diencrypt. Selain itu di bagian released, OTW juga menyediakan berbagai image game yang bisa diunduh dan dimainkan di virtual mesin. Diantaranya ada HES2010, abraxas, Monxla dan Kishi. Game-game ini pernah dijadikan lomba pada acara Hackito Ergo Sum (HES) di Paris. Semacam lomba hacking. Setelah lomba HES itu tersebut beres, game ini dishare untuk publik. Sangat seru maen wargame overthewire ini. Kita bisa belajar banyak hal tentang security secara menyenangkan. Kalo penasaran bisa langsung coba main di halaman berikut:

http://overthewire.org

Selamat bermain!

 

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran