AMOS – Android Malware Operating System

Untuk teman-teman yang lagi belajar tentang malware di Android, tentunya teman-teman harus punya tools yang pas. Ada banyak aplikasi yang diperlukan, mulai dari reverse engineering, android emulator, sampe aplikasi untuk melakukan behavioral analysis.  Biasanya aplikasi-aplikasi tersebut terpisah, sehingga kita harus mengunduh satu persatu.

ID-SIRTII/CC sudah menyiapkan OS (Operating System) yang berisi aplikasi yang lengkap untuk melakukan analisa malware android. Di OS ini sudah lengkap bermacam aplikasi yang diperlukan. Jadi kita tidak perlu menginstall aplikasi tersebut satu persatu. OS ini dinamakan AMOS (Android Malware Operating System). OS ini berbasis ubuntu. Di dalamnya terdapat beberapa aplikasi berikut :

1. Androguard : aplikasi ini digunakan untuk melakukan reverse engineering. Androguard berbasis phyton.

2. Android SDK : aplikasi ini sebenarnya digunakan untuk membuat aplikasi android. Tapi dalam proses analisa malware kita perlu juga aplikasi ini.

3. APK Analyser : aplikasi ini kita gunakan dalam melakukan analisa statis.

4. APK Inspector : aplikasi ini juga untuk melakukan reverse engineering. Ada video yang menceritakan tentang fitur APK inspector bisa dilihat di link berikut http://www.youtube.com/watch?v=X538N-x3UUY

5. Android-apktool : Untuk melakukan analisa file apk

6. Smali/Baksmali : aplikasi dissasembler untuk format file dex

7. Dex2jar : aplikasi untuk konversi file dex menjadi file jar (java)

8. Droidbox : aplikasi ini digunakan untuk melakukan analisa dinamis malware

9. IDA (demo) : IDA pro merupakan aplikasi standar yang digunakan untuk reverse engineering.

10.JD-GUI : aplikasi untuk melakukan decompile java file

11. Android Emulator : Kalo yang ini kita gunakan untuk mengemulasi handphone Android. Jadi nanti kita menjalankan malware pada emulator, dan melihat aktifitas apa saja yang dilakukan. Seperti Virtual machine. Emulator ini membutuhkan RAM besar.

Presentasi tentang AMOS bisa dilihat di web ID-SIRTII pada link berikut ini . Selain AMOS ada juga OS lain yang dapat kita gunakan untuk melakukan analisa malware, diantaranya Santoku Linux dan ada juga REMnux . Kalo ada yang membutuhkan AMOS, bisa kontak ID-SIRTII/CC .

2 thoughts on “AMOS – Android Malware Operating System”

  1. Hi, it’s hard to find julismail.staff.telkomuniversity.ac.id in google, i found it on 31 spot, you should build some high quality backlinks, i know what can help you, simply search in google for – edaya traffic increase

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.