Analisa Big Data

Minggu lalu seorang teman berkunjung ke kampus. Setelah puas keliling-keliling kampus dia mulai menceritakan tentang pekerjaannya. Dia sedang membuat sebuah Lab untuk melakukan analisa big data. Untuk itu dia perlu banyak talent (mahasiswa/lulusan) yang tertarik belajar tentang analisa big data. Teman saya bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi internasional. Menurut dia selama ini perusahaan telko selalu memiliki berbagai macam data tentang pelanggan. Baik tentang kualitas sinyal, layanan apa saja yang digunakan, di BTS mana dia terhubung dll. Hanya saja data-data ini selama ini hanya dibuang dan tidak dianalisa.

Nah saat ini justru data-data ini mulai dianalisa. Menurut dia dengan menganalisa data-data ini bisa diketahui layanan apa saja yang digunakan oleh pelanggan, kemudian jam berapa saja dia aktif menggunakan layanan tersebut dll. Hasil analisa ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya bisa digunakan untuk mengetahui kualitas traffic di sebuah BTS, bahkan bisa digunakan juga untuk kepentingan marketing dan bisnis. Sehingga perusahaan marketing bisa memberikan iklan yang tepat untuk user yang membutuhkan. Contohnya misalnya kita pernah melakukan transaksi pembelian tiket ke Bali. Nah setelah selesai melakukan transaksi itu, data pembelian kita akan tersimpan dalam server. Kemudian server akan membuat profile kita. Sehingga ketika besok kita online dan membuka website detik misalnya iklan yang muncul di halaman detik itu adalah iklan yang sesuai dengan profile kita. Misalnya iklan tiket pesawat murah ke Bali. Ato untuk wanita yang senang belanja sepatu online, iklan yang ditampilkan tentang sepatu. Jadi iklan itu disesuaikan dengan profile kita. Dan berbeda-beda untuk setiap orang.

big data
big data

Dia juga cerita tentang Hadoop. Hadoop ini merupakan aplikasi open source yang bisa digunakan untuk melakukan analisa big data. Nah menurut pak Dana Kusumo ternyata sudah ada lab di kampus yang sedang riset di bidang big data. Pak Dana kemudian mengantarkan kami ke Lab UC (Unified Communication Laboratory) di Informatika ged D lt 2. Nah disana kami berkenalan dengan alumni yang sedang kerja disana. Disana dia menunjukkan hasil riset mereka tentang big data.  Contohnya mereka melakukan crawling data dari Twitter kemudian dianalisa dengan Hadoop. Hadoop sendiri sebenarnya sebuah platform yang bisa digunakan untuk melakukan pemrosesan data yang besar secara terdistribusi maupun dengan cluster.

Menurut teman saya, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan analis big data. Hanya saja mereka kesulitan untuk mencari orang yang mengerti tentang analisa big data. Ternyata di Indonesia masih sedikit yang bergelut di bidang ini. Akhirnya banyak perusahaan yang merkrut lulusan statistika. Hanya saja lulusan statistik seringkali tidak paham tentang alat bantu yang serba IT. Contoh perusahaan yang menyediakan jasa analisa big data di Indonesia adalah mediatrac. Telkom juga sudah mulai melirik masalah Big Data. Sangat menarik sekali sepertinya berbicara tentang big data ini. Bahkan katanya pada pemilu kemaren juga sudah digunakan analisa big data. Hasil analisanya digunakan untuk membuat strategi kampanye. Mungkin ada mahasiswa atau dosen yang tertarik mengambil topik ini untuk riset/tugas akhir/proyek akhir/thesis?

Beberapa bahan bacaan:

http://en.wikipedia.org/wiki/Big_data

http://en.wikipedia.org/wiki/Apache_Hadoop

https://hadoop.apache.org/

http://mediatrac.co.id/

http://www.sas.com/en_us/insights/big-data/hadoop.html

http://www.bigdataindonesia.com/

http://www.economist.com/node/15557443

http://industri.kontan.co.id/news/big-data-di-indonesia-masih-terabaikan

http://swa.co.id/tag/big-data

http://www.tempo.co/read/news/2015/01/30/072638852/Ini-Tren-Pemanfaatan-Big-Data-Menurut-Mediatrac

http://www.ibm.com/big-data/us/en/big-data-and-analytics/index.html

http://www.cra.org/ccc/files/docs/init/bigdatawhitepaper.pdf

http://www.purdue.edu/discoverypark/cyber/assets/pdfs/BigDataWhitePaper.pdf

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran