Aplikasi Firewall open source

Terdapat berbagai macam aplikasi firewall open source di bidang security. Aplikasi-aplikasi ini umumnya      dibutuhkan admin untuk mengatur jaringan seperti melakukan content filtering, mengatur bandwidth, manajemen user, membuat dan mengatur VPN, Captive portal, monitoring jaringan, dll. Selain itu aplikasi-aplikasi  ini memiliki GUI yang cukup baik, ada database dan fungsi reporting. Diantaranya adapfSense, OPNsense, Untangle,  Sophos UTM, IPFire, IPCop, Smoothwall, Endian,Open Edgewize, Zero Shell, ClearOS, dll. Umumnya aplikasi ini berbasis Linux.

pfSense

pfSensemerupakan aplikasi Firewall yang cukup handal. Aplikasi ini berbasis FreeBSD. PFSense memiliki fungsi yang cukup handal. Selain itu memiliki dokumentasi yang cukup lengkap. Informasi lengkapnya dapat dilihat pada link berikut: https://www.pfsense.org/

Untangle NG-Firewall

Firewall yang memiliki berbagai macam fungsi, memiliki GUI yang baik. Yang menarik di websitenya disediakan juga simulator dari NG Firewall. Jadi di web ini kita bisa mencoba fitur-fitur firewall ini tanpa harus menginstall terlebih dahulu. Untuk melihat demonya bisa langsung mengunjungi alamat berikut :

http://demo.untangle.com/auth/login?url=/setup/welcome.do&realm=Administrator

Firewall ini memiliki versi berbayar dan versi gratis bisa dilihat pada link berikut:

http://www.untangle.com/untangle-ng-firewall/

OPNSense

Firewall adalah aplikasi yang dikembangkan dari pfSense. Sebelumnya projek ini dinamakan m0n0wall. Keunggulannya adalah cepat dan stabil. Dapat dilihat pada link berikut:

https://opnsense.org/

Sophos UTM

Aplikasi ini memiliki beberapa versi, free version for home dan free version for business. Selain itu terdapat juga versi commercial untuk mendapatkan fungi-fungsi lainnya. Dapat dilihat pada link berikut:

https://www.sophos.com/en-us/products/free-tools/sophos-xg-firewall-home-edition.aspx

aplikasi lainnya:

IPFirehttp://www.ipfire.org/

Smoothwallhttp://www.smoothwall.org/

Endian http://www.endian.com/community/download/

Open Edgewizehttp://linewize.net/openedgewize.html

ZeroShellhttp://www.zeroshell.org/

Untuk para pejuang PA silahkan dipelajari aplikasi-aplikasi ini siapa tau bisa jadi judul PA. Selamat berjuang, semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Aplikasi Firewall open source”

  1. Terima kasih telah berbagi ilmu tentang firewall, semoga kedepannya bisa menuliskan lagi ilmu-ilmu yang penting seperti ini dan maju terus dunia IT di Indonesia.

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.