Bagaimana menulis paper ilmiah

Pada tulisan sebelumnya saya telah share tentang acara workshop penulisan paper ilmiah. Disana disampaikan tentang jenis-jenis jurnal ilmiah, indeks penilaian jurnal ilmiah dan daftar jurnal ilmiah predator. Sekarang saya coba share materi berikutnya dari acara workshop ini. Yaitu bagaimana menulis paper ilmiah. Pak Tutut Herawan pada slide presentasinya menyampaikan tentang “The Basics of Good Writing”. Berikut beberapa poin  dari slide tersebut:

Organize your material

Kumpulkan bahan-bahan bacaan yang kita perlukan, data-data maupun catatan yang kita perlukan dalam penulisan paper.

 It is impossible to start from nothing and produce a good piece of writing, because it is very hard to organize your material and write at the same time

Plan your writing

Biasakan membuat kerangka (outline) tentang apa yang akan kita tulis, dalam urutan seperti apa, dan bagaimana kita akan menuliskannya. Outline ini dapat kita tulis pada kertas apa saja, bahkan menurut beliau bisa juga pada selembar kertas tisu makan. Outline ini tidak harus ditulis dengan baik, tapi akan sangat membantu kita dalam menyusun sebuah paper yang baik.

Before you start writing, find a way to organize your material so that you know what you are going to write about, in what order, and what you’re going to say.

Write and rewrite!

Menulis sebuah paper yang baik membutuhkan waktu. Bila anda telah menulis, baca kembali tulisan anda tersebut, dan coba pahami tulisan yang anda telah buat. Seringkali apa yang kita pikirkan tidak sejalan dengan apa yang kita tuliskan. Seringkali juga apa yang kita tuliskan,  tidak dapat dipahami oleh mudah oleh pembaca. Atau mungkin ada kesalahan penulisan, typo dll. Sehingga saran beliau Tulis, baca dan perbaiki lagi tulisan kita.

More experienced writers rewrite more times and more substantially than less experienced writers.

Dont worry about Grammar

Seringkali dalam menulis sebuah paper, kita terlalu sibuk memikirkan tentang aturan penulisan bahasa inggris yang baik. Hal ini akan menghambat proses penulisan. Menurut beliau tulis saja dulu semua ide yang kita pikirkan. Mengenai grammar dan aturan penulisan dapat kita urus belakangan. Atau kita bisa minta bantuan dari orang lain yang lebih paham tentang struktur penulisan dalam bahasa Inggris untuk mereview tulisan kita.

If you are working out which piece of research to talk about next and worrying about verb agreement, you are less likely to produce a good piece of writing

Beliau kemudian menyampaikan juga format standar dari sebuah paper ilmiah. Bagian standar dari sebuah paper ilmiah adalah sebagai berikut:

  • Title
  • Abstract
  • Introduction
  • Related Work
  • Theoretical Background
  • Material & Methodology
  • Results & Discussion
  • Conclusion & Future Work
  • Acknowledgement
  • References

Materi berikutnya dari workshop ini adalah Key Factors for Quality Research. Insyaallah saya akan coba share pada tulisan berikutnya

Semoga Bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.