Briefing Kelas Inspirasi

Hari minggu tanggal 10 Februari 2013, saya mendapat kesempatan menghadiri briefing kelas inspirasi 2 Bandung di saung angklung udjo. Pada acara ini Bapak Anies Baswedan memberikan sambutan yang cukup menginspirasi saya. Saya akan coba sarikan beberapa pidato beliau sebagai berikut :

Saat ini setiap tahun terdapat sekitar 5,6 juta siswa yang mendaftar ke Sekolah Dasar. Sementara setiap tahun hanya terdapat sekitar 2,3 juta siswa yang lulus dari SMA. Sehingga setiap tahun di negara kita terdapat 3,3 juta siswa yang putus sekolah, mereka ini Big Young uneducated. Karena pengetahuan adalah sumber mimpi. Bagi mereka memiliki mimpi adalah sebuah mimpi, sehingga menyerah adalah sebuah keniscayaan. Ini adalah sebuah gambaran potret permasalahan pendidikan di negara ini.
Republik ini sesungguhnya didirikan dengan iuran dari seluruh warganya, baik itu iuran waktu, tenaga, darah bahkan nyawa. Kini adalah saatnya kita memberikan iuran untuk negeri ini, untuk membantu menyelesaikan permasalahan pendidikan di negara ini. Banyak cara yang bisa kita lakukan, menyumbang buku, menyumbang dana dsb. Tapi sesungguhnya iuran kehadiran adalah yang paling bermanfaat. Kita bisa menjadi seperti sekarang ini karena pendidikan. Sekarang saatnya kita turun tangan, Lets think big, start small and act now!

Pada hari inspirasi nanti tolong sampaikan 4 nilai penting bagi para siswa SD.

1. Kejujuran

Di negeri ini kejujuran sudah mulai langka, bahkan saat ini orang yang tidak jujur masih mendapatkan tempat. Padahal di negara maju kejujuran ataupun integritas merupakan syarat mutlak untuk bisa diakui di pekerjaan.

2. Kerja keras

Berani bermimpi saja belum cukup. Berani bermimpi harus disertai kerja keras untuk mengejarnya.

3. Ketangguhan

Pada proses meraih mimpi ini pasti akan sangat banyak halangan yang menghadang, sehingga mutlak ketangguhan serta daya juang yang tinggi sangat diperlukan. Ketika bermimpi saja adalah sebuah mimpi, maka menyerah itu adalah sebuah keniscayaan.

4. Kemandirian

Bangsa ini belum mandiri, karena itu kemandirian ini harus kita tanamkan sejak usia dini.

Anak-anak SD ini adalah audience yang sangat jujur, mereka akan segera mengekspresikan apa yang mereka rasakan. Karena itu persiapkan dengan baik materi pengajaran anda. Indonesia mengajar adalah sebuah gerakan, bukan sebuah program. Pada sebuah program, ownershipnya hanyalah pada pembuat program, tapi sebuah gerakan ownership dimiliki oleh semua orang. Pada gerakan (movement), its not about me but its about all of us.

Mari kita lanjutkan gerakan ini, kita bimbing tunas bangsa ini. Mendidik adalah memimpin, pemimpin yang baik adalah pendidik yang baik. Sehari mengajar, seumur hidup menginspirasi!

Berikut link pidato lengkapnya

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran