Cara bikin blog bilingual

Hari ini saya bertemu master Feddy dari sisfo. Beliau ini juragan blognya Tel-U. Dalam kesempatan langka ini saya minta diajari cara bikin blog bilingual.

Maksudnya bukan bikin subtitle bahasa Inggris di blog saya. Tapi gimana caranya blog kita ada pilihan bahasa. Jadi kalo yang datang orang Inggris dia tinggal pilih halaman bahasa Inggris. Kalau yang datang urang Dayeuh, dia bisa pilih bahasa Indo (kalo basa Sunda takut nyaingin Mangle).

Maksudnya daripada kita bikin 2 blog dengan bahasa yang berbeda kan repot. Makanya bikin saja 1 blog tapi bilingual.

Nah jawaban master F, wah itu sangat mudah. Tinggal pasang Plugin polylang. Jadi caranya di dashboard cari menu plugin. Kemudian search plugin polylang. Kemudian pasang plugin ini.

Nah kalau sudah terpasang, kita aktifkan plugin ini. Kemudian kita pilih setting di Plugin polylang. Tambahkan bahasa yang kita perlukan. Ada banyak bahasa yang kita bisa pilih. Kita bisa pilih juga bendera apa yg sesuai jadi icon untuk pindah bahasa.

Setelah itu kita harus setting dulu default language. Nah kemudian di halaman depan muncul icon bendera negara di bagian menu.

Nah selanjutnya bila ketika membuat post baru. Misalnya tentang petasan di bulan Ramadhan,  maka di menu sebelah kanan ada pilihan bahasa. Disini kita bisa menerjemahkan tulisan tersebut ke bahasa Inggris.

Nah menerjemahkan post ini tetap harus dilakukan secara manual. Sebenarnya ada beberapa alat bantu di wordpress yang bisa menerjemahkan tulisan secara otomatis. Hanya saja menurut master F, kualitas terjemahannya masih buruk. Sehingga malah jadi ngaco.

Ok tadi saya langsung coba pasang plugin ini di web Fakultas sas.telkomuniversity.ac.id. Yah karena ngadimin web fakultas sebelumnya sekolah lagi, jadi saya terpaksa ikut mengelola web ini.

Percobaan pemasangan plugin berjalan dengan baik. Alhamdulillah dengan cara ini sekarang web Fakultas ada pilihan 2 bahasa, Ingris dan Indonesia. Sebenarnya selain polylang ada beberapa plugin lain yang mempunyai fungsi bilingual. Hanya saja saya belum pernah mencoba. Kalau ada yang sudah pernah coba, silahkan share pengalamannya di bagian komentar.

Terima kasih master F. Semoga bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.