Cina meluncurkan Satelit Quantum

Cina meluncurkan Satelit Quantum. Satelit ini merupakan satelit quantum pertama di dunia. Menurut pemerintah cina, satelit ini dibuat untuk membangun sebuah sistem komunikasi yang tidak bisa disadap (dihack). Sistem ini nantinya akan digunakan untuk komunikasi militer dan perdagangan. Satelit ini akan digunakan untuk mengirimkan pesan rahasia dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya.

Micius

Satelit ini diberi nama Micius. Micius adalah nama seorang filsuf Cina yang mempelajari tentang sistem optik. Satelit Micius yang memiliki berat 600 kg ini baru saja diluncurkan hari selasa dari gurun Gobi di Cina. Satelit ini akan digunakan untuk melakukan eksperimen pengiriman pesan rahasia dari Beijing ke Urumqi, ibukota provinsi Xinjiang. Konon komunikasi anti sadap “hack proof” ini dibangun berdasarkan teori Albert Einstein yang disebut prinsip quantum Entanglement.

Menggunakan prinsip ini bila ada yang mencoba untuk menyadap komunikasi rahasia ini, maka tindakan penyadapan akan merubah paket informasi yang dikirim. Sehingga pihak pengirim maupun penerima akan mengetahui ada upaya penyadapan terhadap pesan yang dikirim. Menurut teori sistem komunikasi Quantum merupakan sistem komunikasi yang sangat aman. Karena quantum photon tidak dapat diduplikasi maupun dipisahkan. Sehingga menurut teori, akan mustahil untuk menyadap informasi yang dikirim dengan menggunakan sistem komunikasi quantum.

Fisika Quantum

Sistem ini berasal dari teori fisika quantum. Fisika Quantum adalah ilmu yang mempelajari bagian partikel yang lebih kecil dari atom. Partikel quantum seringkali memiliki perilaku yang unik. Salah satunya fenomena pada fisika quantum adalah superposisi. Maksudnya adalah sebuah partikel quantum yang sama dapat berada pada dua lokasi yang berbeda pada waktu yang sama. Teori ini pernah dibuktikan dengan percobaan kuncing Schrodinger. Pada percobaan ini sebuah kucing yang sama dapat berada pada dua lokasi yang berbeda pada sebuah waktu yang sama. Kucing tersebut pada sebuah lokasi terlihat hidup, sementara pada lokasi yang lain mati.

Teori fisika Quantum ini telah disampaikan albert Einstein pada tahun 1948. Teori ini sering disebut para ilmuwan sebagai teori yang spooky (horor). Sementara pada teori komunikasi quantum, komunikasi yang dilakukan antara pengirim dan penerima adalah seperti kita menyediakan dua buah kertas. Satu kertas untuk pengirim dan satu kertas lagi bagi penerima. Pengirim dan penerima ini terpisah oleh sebuah jarak yang jauh. Bila pengirim menuliskan pesan pada kertasnya, maka penerima akan langsung dapat membaca pesan tersebut pada kertas yang dia pegang. Pesan ini akan langsung terkirim dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya. Bahkan dikatakan komunikasi dapat dilakukan walaupun pengirim dan penerima berada di galaxy yang berbeda.

Komputer Quantum

Pan Jianwei, ilmuwan Cina yang mengepalai proyek ini menyebutkan satelit ini akan menghasilkan inovasi baru dalam ilmu pengetahuan. Menurut beliau peluncuran satelit ini akan mengubah peran Cina dalam bidang IT, dari follower menjadi future leader. Menurut para ilmuwan, bila percobaan komunikasi Quantum yang dilakukan Cina ini berhasil, maka akan terjadi revolusi dalam sistem komputer. Sistem komputer akan berubah dari sistem digital menjadi sistem komputer quantum. Sistem komputer quantum diprediksi mampu melakukan komputasi jauh lebih cepat dibandingkan sistem komputer digital. Menurut analogi, sebuah permasalahan matematika rumit yang oleh superkomputer digital mampu dipecahkan dalam kurun waktu 100 tahun, oleh sebuah komputer Quantum hanya membutuhkan waktu 0,01 detik untuk menyelesaikan perhitungan tersebut.

Sehingga ada yang menyebutkan sebuah komputer Quantum akan dengan mudah membongkar semua pesan terenkripsi yang ada saat ini dengan cepat.

Semoga Bermanfaat!

sumber bacaan

http://news.xinhuanet.com/english/2016-08/16/c_135603521.htm

http://www.popsci.com/chinas-quantum-satellite-could-change-cryptography-forever

https://www.rt.com/news/356439-china-receives-quantum-satellite-data/

https://www.theguardian.com/science/2016/aug/11/chinese-satellite-test-einstein-spookiest-claim

tentang sistem quantum:

https://en.wikipedia.org/wiki/Quantum_entanglement

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.