Couchsurfing – Sosmed Traveller

Minggu ini saya berkenalan dengan seorang traveler dari Spanyol namanya Jose. Anak muda ini hobi jalan-jalan. Tapi Jose ternyata bukan backpacker. Dia bilang dia couchsurfer. Awalnya saya bingung apa itu couchsurfer.  Nah kemudian dia cerita tentang sebuah website Couchsurfing. Website ini semacam sosial media  untuk para traveller. Couchsurfer merupakan sebutan untuk member web ini.

Jadi misalnya kita akan pergi ke Singapura. Nah di web ini kita bisa mencari dulu member couchsurfing yang ada di Singapore. Kemudian setelah kenalan dengan couchsurfer yang ada di Singapore, kita kemudian bisa nginep di rumah teman baru kita itu di Singapore. Nanti disana kita bisa jalan-jalan bareng couchsurfer tadi. Bedanya dengan backpacker, kalo backpacker penginapan dan akomodasi harus kita cari sendiri. Sementara di couchsurfer, semuanya sudah dibantu dengan teman kita yang tinggal di kota itu.

Ato sebaliknya, misalnya kita ada di bandung. Kita bisa menerima teman couchsurfer yang akan datang ke bandung. Teman kita itu akan nginap di rumah kita, kemudian nanti jalan2 dengan kita. Kita diminta untuk menampilkan foto kita serta tempat tinggal kita. Setelah itu kita dapat memberi semacam rating terhadap teman yang kita kunjungi tersebut. Rating ini biasanya berpengaruh terhadap kepercayaan orang terhadap sang tuan rumah. Kepercayaan menjadi suatu hal yang penting disini. Karena kita akan tinggal di rumah orang yang baru kita kenal.

couchsurfing
couchsurfing

Layanan seperti ini dinamakan Hospitality services. Menurut keterangan website resminya, saat ini pengguna layanan ini tersebar di  97000 kota dan 250 negara. Pengguna terbanyak berasal dari negara Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Kanada dan Inggris.

Saya belum mencoba layanan ini, tapi menurut Jose melalui layanan ini dia telah mempunyai banyak teman dari seluruh dunia. Beberapa telah dia kunjungi, termasuk di Bandung, Tapi saran dia sebaiknya kita berhati-hati memilih tuan rumah. Sebaiknya pilih teman yang memiliki rating baik, kemudian jangan terburu-buru menentukan tuan rumah. Seperti sosial media lainnya, ada juga orang yang memanfaatkan layanan ini untuk maksud-maksud yang tidak baik.

website resmi couchsurfing:

https://www.couchsurfing.com/

 

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran