Dalam Dekapan Ukhuwah

Saya lagi baca buku karya Salim A.Fillah Dalam dekapan ukhuwah. Sebenarnya buku ini bukan buku baru. Tapi memang saya baru mengenal sosok ustadz Salim ini. Penyebabnya ketika saya berkunjung ke kios buku langganan saya, sang penjual sangat semangat sekali bercerita tentang ustadz Salim dan karya-karyanya. Yang akhirnya sukses membuat saya penasaran dengan buku ini.

Buku ini berisi berbagai kisah menarik dan penuh hikmah, mulai dari Narcissus dan Telaga, Kisah nabi Musa dan Harun yang dirangkai dengan berbagai literatur sigmon freud, Boyd dll. Ustadz Salim berhasil merangkai berbagai kisah dengan bahasa sastra yang indah tapi sarat makna.

Cerita-cerita di buku ini berkisah tentang cinta terhadap sesama dan tentang ukhuwah islam. Diawali dengan sebuah prolog dua telaga,  satu telaga di bumi dimana seorang Narcissus bercermin mengagumi pesona diri dan satu telaga lagi berada di langit sana ditempati oleh seorang kekasih yang menanti kedatangan ummatnya (ia Muhammad saw.). Intisari kisah telaga ini, dalam dekapan ukhuwah bercerminlah! Tapi bukan untuk takjub pada bayang-bayang atau telaganya, namun bercermin pada saudara (baca: mukmin lainnya) untuk membenahi diri.

Mukmin satu adalah cermin bagi mukmin lainnya.

Dalam dekapan ukhuwah kita menghayati pesan Sang Nabi. “Jangan kalian saling membenci”, begitu beliau bersabda seperti dicatat Al Bukhari dalam Shahihnya, “Jangan kalian saling mendengki, dan jangan saling membelakangi karena permusuhan dalam hati.. Tetapi jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara.

Banyak kisah-kisah inspiratif, mulai dari kisah persaudaraan penuh cinta, penuh haru, antara Rasulullah saw, dengan para sahabat Abu Bakar ash Shiddiq, Umar ibn Khatab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Atau kisah para pemimpin setelah Rasul tercinta wafat, Muawwiyah dengan Ali. Yazid putra Muawwiyah dengan Husain dan sahabat lainnya. Buku ini sangat bagus untuk dibaca dan sebagai bahan renungan.

Semoga Bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.