Deep Web – Website Tersembunyi

Saat ini mesin pencari (search engine) seperti google maupun yahoo telah berkembang sangat pesat. Kata kunci apa saja yang kita masukkan di google pasti akan kita dapatkan jawaban maupun link website yang sesuai. Pertanyaan apapun yang kita ingin tau jawabannya bisa kita masukan di google, nanti akan muncul link website yang menyediakan informasi yang ingin kita ketahui. Saking canggihnya sampe di Indonesia mesin pencari ini dapet gelar “mbah” google atau “prof” google. Atau ada istilah kalo bingung digoogle aja. Kecanggihan mesin pencari ini memang didukung oleh algoritma yang rumit, dan infrastruktur server yang handal.

The-Deep-Web
from legaltechnology com

Nah mungkin kita beranggapan dengan semakin canggihnya mesin pencari, maka tidak mungkin ada website yang tidak bisa ditemukan. Tapi ternyata ada banyak website yang memang dibuat tersembunyi. Website ini tidak bisa ditemukan oleh mesin pencari apapun. Web jenis ini sering disebut Deep Web, Hidden Web atau Invisible Web.  Jadi website ini memang dirancang hanya bisa diakses dengan teknik tertentu. Misalnya dengan menggunakan browser khusus, atau dengan menggunakan tool khusus seperti Tor Onion. Jadi Deep web ini tidak bisa diakses dengan browser yang umum digunakan seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox maupun Google Chrome. Selain itu biasanya kita harus registrasi dulu untuk bisa masuk ke deep web ini. Dan cara registrasinya pun sangat tertutup dan rahasia. Tidak bisa siapa saja melakukan registrasi.

Ada banyak alasan yang membuat orang membuat Deep web ini. Bisa jadi karena isi dari website tersebut berisi informasi rahasia. Atau informasi dari web ini hanya boleh dilihat oleh orang-orang tertentu. Teknologi ini digunakan oleh kelompok tertentu untuk saling berkomunikasi, seperti intel, organisasi bawah tanah maupun organisasi rahasia. Teknologi deep web ini bahkan digunakan untuk perdagangan barang ilegal seperti penjualan senjata, obat bius  maupun transaksi lainnya. Contohnya adalah web Silk Road. Silk Road adalah website perdagangan barang ilegal online yang berhasil dibongkar oleh FBI pada tahun 2013.  Yang menarik ternyata jumlah deep web ini diperkirakan jauh lebih besar dibandingkan website biasa (surface web).

Saat ini para peneliti masih berusaha mencari teknik yang efektif untuk bisa mendeteksi deep web ini. Mungkin anda tertarik untuk mempelajari tentang web tersembunyi ini ?

from whoishostingthis
from whoishostingthis

One thought on “Deep Web – Website Tersembunyi”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran