Film The Social Dilemma

Kemaren pas acara lustrum FTI Unand, pak Ismail Fahmi sharing banyak hal menarik. Diantaranya dia cerita tentang disinformasi di social media. Dia cerita juga tentang film the social dilemma. Menurut dia film ini cerita banyak tentang berbagai bahaya dari social media.

Diantaranya tentang mental health, ancaman terhadap demokrasi dan diskriminasi. Film ini ada interview dari para pakar seperti Tristan Harris (mantan pakar etiknya google), Jaron Lanier (computer scientist dan ahli virtual reality), Shoshana Zuboff (profesor harvard business school) dll.

Menurut mereka social media saat ini kayak sedang memprogram ulang masayarkat kita. Orang juga semakin addict dengan sosmed. Konon menurut studi dari American Journal of Epidemiology tahun 2017 semakin banyak kita menggunakan sosmed, ada hubungannya dengan masalah mental, kesehatan fisik dan kebahagiaan. Menurut new york times tahun 2019, semakin banyak negara yang mengalami kampanye disinformasi politik di sosmed. Menurut hasil studi internal Facebook, 64% orang yang bergabung dengan grup ekstrimis bergabung karena akibat dari algoritma mereka. Film ini

Trailernya bisa dilihat disini:

https://www.netflix.com/id-en/title/81254224

Web resmi filmnya bisa dilihat disini:

Semoga Bermanfaat!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

%d blogger menyukai ini: