The Inconvenient Truth

Minggu lalu saya nonton film The Inconvenient Truth. Film ini sebuah film dokumentasi tentang global warming. Pada film ini kita akan melihat presentasi Al Gore tentang permasalahan lingkungan. Al Gore merupakan seorang politikus yang sempat menjadi wakil Presiden Amerika Serikat. Sekarang beliau banyak menyampaikan presentasi untuk memberi edukasi tentang masalah lingkungan.

Pada film ini Al Gore bercerita tentang efek rumah kaca dimana kadar CO2 saat ini terus meningkat. Akibatnya adalah meningkatnya temperatur bumi yang mengakibatkan Es di kutub semakin berkurang. Berkurangnya es di kutub ini lama kelamaan akan meningkatkan permukaan laut. Sehingga sangat mungkin dalam 20 tahun kedepan kota-kota yang berada di pinggir laut akan terendam. Selain itu efek pemanasan global ini ternyata juga menimbulkan berbagai bencana seperti banjir, angin topan, serta kekeringan.  Kerusakan lingkungan ini disebabkan oleh semakin pesatnya pembangunan yang tidak memperhatikan aspek lingkungan. Presentasi yang ditampilkan sangat menarik, dengan menampilkan video, gambar dan data-data scientific.

Pada film ini beliau juga mengajak kita untuk ikut berperan serta untuk menjaga lingkungan. Ada banyak tips yang disampaikan untuk berperan serta, misalnya:dengan melakukan penghematan energi, misalnya menghemat listrik seperlunya, menggunakan lampu hemat energi, hemat air, memisahkan sampah, melakukan daur ulang dll.  Beliau mengajak kita untuk menjaga bumi ini, tidak hanya untuk kita tapi untuk anak cucu kita.

Film ini mengingatkan saya dengan lagu “Heal the World” – Michael Jackson

Heal the world,
make it a better place,
for you and for me and the entire human race…

Mari kita jaga bumi ini bersama2

Materi tentang film ini bisa dilihat pada link berikut http://www.takepart.com/an-inconvenient-truth.  Langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan bisa dilihat pada link berikut http://www.epa.gov/climatechange/wycd/

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.