Inisiatif – Peironcely

Saya lanjutkan pembahasan buku 17 tips PhD karya Peironcely. 

12. Ambil Tanggungjawab

Tema penelitian mungkin saja berasal dari professor atau tema riset grup, namun sekarang tema itu tema anda. Anda yang memutuskan apa yang akan dikerjakan dan bagaimana tema itu dikerjakan. Promotor akan memberikan banyak ide penelitian, anda harus mengambil ide yang baik, dan meninggalkan yang ide yang tidak realistis. Jangan takut mengatakan tidak. Pada akhirnya penelitian itu adalah tanggungjawab anda.

13. Katakan tidak

Banyak orang akan menghabiskan energi dan waktu anda tapi tidak memberi kontribusi bagi studi s3 anda. Hal ini akan mengganggu tujuan anda yaitu, menyelesaikan S3. Katakan tidak pada gangguan, dan fokuslah pada studi.

Email, telefon, rapat, tamu banyak menghasilkan interupsi pada pekerjaan anda, dan mengganggu fokus. Atur waktu anda secara baik. Tentukan waktu khusus kapan anda akan memeriksa email, chat, maupun panggilan telepon. Misalnya 30 menit setelah istirahat makan siang. Biasakan makan siang tepat waktu.

Kurangi rapat, karena banyak menghabiskan waktu. Tawarkan panggilan telepon 5 menit atau video conference. Tanyakan dulu agenda apa yang akan dibahas. Bila tidak jelas, lebih baik ijin. 

Bila anda menghadiri pertemuan, tanyakan sampai jam berapa jadwal pertemuan tersebut. Ingatkan pimpinan pertemuan, bila waktunya sudah habis.

14. Have a social life

Jangan lupa refreshing. Silahkan ikut klub olahraga di kampus maupun hobi lainnya. Aktifitas ini akan menjaga kesehatan kita, menghilangkan stres, dan bersosialisasi. Selain olahraga, bisa juga ikut kegiatan seni, theater, les bahasa, les memasak, relawan dll.

Sampai disini dulu, besok insyallah saya akan lanjutkan.

Referensi:

Peironcely, 17 tips to survive your PhD, nextscientist.com

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran