Install Qcad

Minggu lalu saya perlu membuat gambar teknik di komputer yaitu gambar skema rumah dan gambar potongannya. Untuk gambar teknik aplikasi yang paling handal adalah Autocad. Hanya saja untuk menggunakan Autocad di linux agak repot, karena kita harus menggunakan Wine (semacam emulator windows). Setelah tanya kiri kanan, ternyata saat ini sudah ada aplikasi open source untuk membuat gambar teknik. Ada freecad, draftsight, Librecad, Qcad dll.  List aplikasi lainnya dapat dilihat disini. Yang saya butuhkan adalah aplikasi yang bisa membuka file Dwg (file extension autocad), ada 2 aplikasi yang saya pertimbangkan Draftsight dan Qcad. Akhirnya saya putuskan untuk install qcad.

QCAD adalah sebuah aplikasi CAD (computer aided design) yang free dan opensource. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat desain 2D dand drafting. Qcad dapat digunakan pada Linux Apple OSX, Unix dan Windows.  Qcad menggunakan format DXF. Untuk format file DWG tersedia untuk versi plugin berbayar.

Di Linux untuk menginstall Qcad ada 2 cara. Yang pertama dengan mengunduh file berekstensi .run atau menggunakan file berekstensi tar.gz. Pertama kita harus mengunduh file installer di link berikut:

http://www.qcad.org/en/qcad-downloads-trial

Disana untuk linux ada 4 macam file. Untuk versi 32 bit kita dapat mengunduh file .run maupun tar.gz . Sementara untuk versi 64 bit juga terdapat versi run maupun tar.gz.  Yang paling gampang adalah mengunduh file berekstensi .run. Setelah diunduh, jalankan terminal, kemudian pindah direktori ke file yang kita unduh tadi. Kemudian jalankan perintah berikut:


$ sudo chmod +x qcad-3.6.0-linux-x86_64.run
$ ./qcad-3.6.0-linux-x86_64.run

Disini saya masih menggunakan versi 3.6, silahkan sesuaikan dengan versi qcad yang diunduh. Kemudian nanti qcad akan terinstall. Cara lengkap instalasi bisa dilihat pada link berikut:

http://www.qcad.org/en/qcad-installation

Semoga bermanfaat:

Bahan Bacaan

http://www.ilovefreesoftware.com/10/featured/5-free-autocad-editors-to-edit-dwg-dxf-file-formats.html

http://www.opensourcealternative.org/alternatives/graphic-editors/open-source-alternative-to-autocad/

https://en.wikipedia.org/wiki/QCad

http://www.tuxarena.com/2014/09/2-free-cad-programs-for-linux-draftsight-and-qcad/

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran