Janji – Tere Liye

Saya baru beres baca novel Janji karya Tere liye, bentuknya masih ebook. Ceritanya tentang tiga sekawan, Hasan, Baso dan Kaharudin. Tiga anak ini lagi belajar di sebuah sekolah agama yang dipimpin oleh Buya, seorang ulama terkemuka. Tiga sekawan ini terkenal sering membuat onar di sekolah itu. Bahkan ketika sekolah itu kedatangan seorang tamu agung (sepertinya presiden), tiga anak ini nekat memasukan garam ke teh yang diminum tamu agung tersebut.

Akibatnya Buya marah dan memberikan hukuman ke tiga sekawan ini. Namun hukumannya unik, mereka diminta menemukan jejak seorang alumni spesial dari sekolah agama itu. Kalo mereka bisa menemukan Bahar (alumni spesial itu), maka mereka bisa pergi dari sekolah agama itu dan mendapatkan ijazah.

Bahar ini 30 tahun lalu juga membuat masalah besar di sekolah agama itu, dan dikeluarkan oleh Ayahnya sang Buya yang dulu memimpin sekolah itu. Namun kemudian ayahnya buya menyesal telah mengusir Bahar, karena dia bermimpi 3 hari berturut-turut bahwa Bahar masuk surga dengan mengendarai kendaraan sementara Ayahnya buya berjalan kaki di padang mahsyar. Tak terbayangkan oleh Ayahnya Buya, bahwa Bahar yang gagal dia didik bisa masuk surga lebih dahulu dibandingkan dia.

Ayahnya buya dulu mencoba mencari jejak Bahar, namun tidak berhasil. Sehingga Ayahnya buya mewasiatkan anaknya agar menemukan Bahar dan menyampaikan permintaan maaf. Namun Buya juga tidak berhasil menemukan Bahar.

Disinilah petualangan tiga sekawan ini dimulai, mereka berusaha mencari Bahar. Dimulai dari Ibukota propinsi mereka berupaya menyelesaikan misi rahasia dari Buya. Namun ternyata tidak mudah menemukan jejak Bahar.

Seru banget petualangan tiga sekawan ini, dan banyak pesan-pesan yang disisipkan Tere Liye dalam buku ini. Keren banget bang Tere bukunya. Cocok banget dengan timing menjelang ramadhan ini. Kalo menurut saya buku ini temanya petualangan, hampir seperti seri negeri para bedebah. Selamat membaca!!

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran