Belajar mengenal karakteristik Spyware

Spyware adalah jenis malware yang sering digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang target. Beberapa karakteristik spyware diantaranya: mencatat aktivitas keyboard, pergerakan mouse, melakukan screen capture, merekam dengan menggunakan webcam dan microphone pada komputer target, mencuri licence keys dari aplikasi yang diinstal, mencuri file dari komputer target, melakukan monitoring aktifitas browsing, merubah konfigurasi jaringan maupun browser untuk mempermudah proses pencurian data, berusaha menyembunyikan diri dari deteksi antivirus, berusaha melindungi diri dari usaha deinstalasi.

RAT (remote administration tool) merupakan sebuah contoh spyware. RAT memiliki kemampuan untuk dapat mengakses komputer secara remote. Malwareini awalnya banyak digunakan oleh militer dan intelejen. Contohnya digunakan pada spionase. Tapi saat ini spy-ware banyak digunakan juga oleh pembuat malware pada jaringan botnet. Ada juga yang membuat spyware untuk motif ekonomi, misalnya untuk mencuri data-data credit-card dan banking online. Selain itu pada dunia bisnis malware juga digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pengawasan terhadap lawan bisnisnya. Misalnya pencurian desain produk, data-data keuangan perusahaan dll. Pada kasus seperti ini biasanya spyware melakukan monitoring terhadap email. Selain itu ada juga yang memiliki kemampuan untuk merekam pembicaraan pada Voip. Beberapa perusahaan rekaman menggunakan malware ini dalam aplikasi DRM (Digital rights management) untuk mencegah pembajakan. Pada kasus lain ada yang menggunakan malware ini untuk mengawasi aktifitas suaminya pada komputer, atau aktifitas browsing anaknya.

Istilah spyware mulai diperkenalkan pada tahun 1994 oleh pengguna Usenet. Kemudian malware ini menjadi populer setelah ditemukan ada beberapa aplikasi yang menyertakan malware seperti Kazaa, Aol instant messenger dll

semoga bermanfaat!

tentang spyware:

https://en.wikipedia.org/wiki/Spyware

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.