Key Factor for Quality Research

Pada tulisan sebelumnya saya telah share materi workshop penulisan paper ilmiah oleh Bapak Tutut Herawan dari University of Malaysia. Kali ini saya akan lanjutkan dengan materi Key Factor for Quality Research. Pak Tutut adalah editor Jurnal Ilmiah di Malaysia. Menurut beliau untuk mengukur apakah sebuah paper berkualitas atau tidak  ada beberapa penilaian yang biasa digunakan. Diantaranya adalah faktor berikut ini:

  1. Originality
  2. Novelty
  3. Addressing New Problem/Complex Issue
  4. Useful for Real World Applications
  5. Adaptability (Flexibility)- Diversified Data , Scalability
  6. Applicability
  7. Generality
  8. Future Directions

 

Originality

Originality atau (keaslian) maksudnya adalah paper tersebut memang dibuat oleh sang penulis, bukan dikopi atau diambil dari hasil karya orang lain. Paper juga menawarkan solusi atau inovasi yang berasal dari pemikiran sang penulis. Untuk membuktikan originalitas adalah dengan cara melakukan Literature Survey.

Novelty

Novelty atau kebaruan artinya paper ini menawarkan sesuatu ide yang baru, atau memodifikasi sesuatu yang telah ada. Ide tersebut bisa saja terinspirasi dari sebuah konsep/hipotesa yang telah ada. Ide ini harus dibuktikan dengan perhitungan matematika, atau dibuktikan dengan data-data. Untuk membuktikan originalitas adalah dengan melakukan litarature survey dan menampilkan hasil pengujian.

Addressing a New Problem

Addressing a New/Unsolved Problem/Complex Issue maksudnya adalah paper tersebut mengidentifikasi sebuah permasalahan baru yang belum pernah ada yang menemukannya. Permasalahan baru ini biasanya muncul setelah adanya penemuan baru, atau kebutuhan baru. Untuk menguji faktor ini dilakukan Literature Survey dan citing new applications.

Useful for Real World Applications

Useful for Real World Applications adalah paper menyajikan solusi atau penerapan sebuah teknologi pada sebuah kasus yang spesifik. Paper ini harus menjelaskan penerapan pada kasus spesifik di bagian introduction. Selain itu juga menampilkan hasil pengujian yang spesifik pada kasus tertentu. Serta menampilkan hasil perbandingan dengan solusi yang sudah ada.

Adaptability

Adaptability maksudnya adalah solusi yang ditawarkan dapat digunakan pada berbagai kondisi yang berbeda. Paper seperti ini harus menyajikan hasil pengujian pada berbaga data dengan ukuran yang berbeda.

Applicability

Applicability maksudnya adalah solusi yang ditawarkan dapat dengan mudah diterapkan. Tanpa membutuhkan modifikasi yang banyak.

Generality

Generality yaitu ide maupun konsep yang ditawarkan harus berlaku secara umum. Jadi tidak hanya pada kasus tertentu.

Future Directions

Future Directions berarti ide maupun solusi yang ditawarkan masih dapat dikembangkan lagi lebih lanjut. Sangat mustahil ada solusi yang 100% menyelesaikan semua masalah. Sehingga perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut.

Demikian faktor utama yang menentukan kualitas sebuah paper. 2 faktor utama adalah Originality dan Novelty. Kemudian paper harus didukung dengan model matematika atau sebuah hasil pembuktian lainnya.

Semoga Bermanfaat!

referensi slide pak Tutut Herawan di Telkom University

Materi sebelumnya

Workshop Penulisan Paper Ilmiah

Bagaimana menulis paper ilmiah

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.