Kompetisi Nasional Remaja Berkarya

Hari Minggu 21 Februari 2016 baru saja dilaksanakan Grand Final Kompetisi Nasional Remaja Berkarya. Kompetisi ini merupakan kompetisi Nasional Pembuatan Aplikasi Tingkat SMA/SMK/MA sederajat. Lomba ini merupakan hasil kerjasama Multipolar Technology Tbk dan BEM Fakultas Ilmu Terapan Telkom University. Aplikasi yang dibuat temanya tentang pengenalan ragam budaya Indonesia, yang nantinya akan dirasakan dan dapat dikenal langsung oleh masyarakat dalam maupun luar Indonesia. Tujuan lomba ini adalah untuk mengajak remaja Indonesia untuk ikut aktif menjaga kelestarian ragam budaya Indonesia melalui teknologi.

Untuk mengikuti lomba ini siswa harus membuat kelompok 2-3 orang. Lomba telah berlangsung sejak bulan November 2015. Pada babak penyisihan, peserta mengumpulkan proposal yang isinya menjelaskan tentang aplikasi apa yang akan dibuat. Sampai akhir tahap penyisihan (20 Desember 2015) telah terkumpul sekitar 80 proposal aplikasi dari seluruh siswa di Indonesia. Kemudian juri memilih 20 proposal terbaik yang berhak masuk ke semifinal.

Peserta yang lolos ke tahap semi final (30 Januari 2016) membangun aplikasi yang telah dirancang sesuai dengan proposal yang telah diupload sebelumnya. Demo aplikasinya diupload ke Youtube. Video-video ini dapat ditemukan di Youtube dengan kata kunci “Remaja Berkarya”. Atau pada link berikut:

https://www.youtube.com/results?search_query=remaja+berkarya

Setelah itu juri memilih 6 kelompok yang berhak lolos ke babak Grand Final. Pada babak final yang berlangsung tanggal 20-21 Februari 2016 di kampus Telkom University, finalis wajib mempresentasikan aplikasinya di depan para Juri. 6 Tim yang lolos ke Final adalah:

  • Jampi Pandu – SMA Santa Maria Surabaya
  • Jejak Si Joki – SMK Telkom Malang
  • I.AM.APPS – SMKN 1 Cimahi
  • SNP sebagai proteksi dini dari perilaku peyimpangan Sosial – SMAN 2 Lumajang
  • Intra Markets – SMK TI Madinatul Quran Jonggol
  • Indovote – SMKN 1 Cimahi

Setelah dilakukan presentasi dan penjurian yang cukup ketat, telah diumumkan pemenang kompetisi nasional Remaja Berkarya sebagai berikut:

Juara 1 : Jampi Pandu – SMA Santa Maria Surabaya

Aplikasi ini  mengenalkan tentang jamu. “Jampi Pandu” adalah game yang memperkenalkan keragaman jamu di Indonesia yang bermacam-macam jenisnya. Pemain game ini dituntut agar dapat meracik jamu untuk menyembuhkan orang-orang yang mengalami penyakit tertentu dengan menggunakan Jamu Tradisional Indonesia.

Videonya bisa dilihat disini:

Juara 2 : I.AM.APPS – SMKN 1 Cimahi

I.AM Apps adalah Aplikasi multi platform yaitu website dan android yang memperkenalkan kesatuan dan kebudayaan nusantara kita yaitu Indonesia. Dalam I.AM Apps ini, terdapat informasi seputar 34 Provinsi di Indonesia yang mencakup tentang budaya masing – masing provinsi seperti bahasa daerah, lagu daerah, baju daerah, tradisi daerah, tokoh daerah, alat musik daerah dan masih banyak lagi yang intinya adalah memperkenalkan kesatuan dan kebudayaan nusantara dengan dikemas oleh aplikasi yang didukung oleh teknologi Smart Card QR Code dan Games yang menarik.

Juara 3 : Jejak si Joki – SMK Telkom Malang

Sebuah game tentang si Joki, dapat diunduh di play store pada link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.sch.smktelkom_mlg.jejaksijoki

Video jejak si joki dapat dilihat pada link berikut:

Pemenang Juara Harapan adalah kelompok berikut:

IndoVote dari SMKN 1 Cimahi

IndoVote merupakan aplikasi berbasis web yang bisa diakses di web maupun mobile . IndoVote sendiri mempunyai fitur fitur kebudayaan seperti vote kebudayaan / provinsi dan juga kuis kebudayaan dimana pengumuman pemenang kebudayaan akan diumumkan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan persentase vote tertinggi

SNP Guard: SMAN 2 Lumajang

Intra Markets (Indonesian Traditional Markets)- SMK TI Madinatul Quran Jonggol

Selamat untuk para pemenang, aplikasinya bagus dan menarik. Terima Kasih juga Multipolar Technology Tbk yang telah mendanai seluruh rangkaian acara ini. Terima kasih juga untuk kerja keras panitia dari BEM Fakultas Ilmu Terapan dan Lab Multimedia Fakultas Ilmu Terapan. Sampai Jumpa dalam kompetisi Remaja Berkarya berikutnya.

Web Lomba Remaja Berkarya:

http://remajaberkarya.com/

https://www.facebook.com/kompetisiremajaberkarya/

https://twitter.com/BerkaryaRemaja

Web multipolar technology

http://www.multipolar.com/

web Telkom University

http://telkomuniversity.ac.id/

Bem FIT Tel-U

https://twitter.com/bem_fit

https://www.facebook.com/kabinetlilinkecil

Lab Multimedia FIT Tel-U

http://mlmd.lab.telkomuniversity.ac.id/

One thought on “Kompetisi Nasional Remaja Berkarya”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.