Kuliah tentang Malware dan Cryptominer

Bulan lalu saya mendapat kesempatan memberi kuliah tentang malware dan cryptominer di Universitas Autonoma Barcelona (UAB). Kuliah ini semacam kuliah terbuka untuk para mahasiswa S1, S2 dan dosen disana. Kuliah ini diorganisir oleh Prof Sergi Robles dari School of Engineering UAB.

Awalnya saya kira peminatnya tidak bakal banyak, karena Sergi baru mempublikasikan undangan tentang kuliah ini ke milist mahasiswa dan dosen UAB sekitar 2 hari sebelum acara. Namun alhamdulillah ternyata ruangannya penuh. Menurut Sergi, peserta kuliah ini sebagian besar mahasiswa S1, namun ada juga siswa S2 dan saya melihat ada sekitar 10 orang dosen UAB. Berikut saya share materi kuliah tentang malware dan cryptominer

Kuliah ini saya bagi jadi 5 bagian:

  • Introduction
  • Teknik Analisa Malware
  • Malware Cryptomining
  • Tren Malware lainnya
  • diskusi

Introduction

Pada bagian introduction saya memperkenalkan diri, kemudian bercerita sedikit mengenai ID-CERT, kampus Telkom University dan tentang Indonesia. Kemudian pada bagian kedua saya bercerita tentang Malware dan pengenalan teknik analisa malware. Pada bagian ini saya menjelaskan tentang definisi malware, klasifikasi malware, motif pembuat malware, bagaimana cara penyebaran malware. Saya mendemokan juga beberapa koleksi malware untuk menunjukan bagaimana malware bekerja.

Selanjutnya saya bercerita tentang bagaimana melakukan analisa malware. Teknik analisa statik, teknik analisa dinamis serta berbagai tools yang diperlukan untuk melakukan analisa malware.

Cryptomining Malware

Pada bagian ketiga presentasi ini saya bercerita tentang cryptomining malware. Jadi sejak boomingnya cryptocurrency, banyak orang yang mencoba untuk mining alias nambang. Tren ini menimbulkan banyak bermunculannya crptomining malware, malware yang digunakan untuk nambang di komputer orang. Diantaranya kasus malware Coinhive, Wannamine, Digmine, Smominru, Adylkuzz dll.

Pada bagian terakhir saya sampaikan beberapa perkembangan lainnya di bidang malware, yaitu ransomware, teknik pengelabuan, stegano malware, malware android, dll. Pada bagian ini saya tampilkan juga demo tentang Wannacry Ransomware. Karena waktunya cuman 2 jam, jadinya lumayan padat materinya. Di bagian diskusi banyak juga mahasiswa yang bertanya, bahkan ada juga dosen UAB yang bertanya tentang malware. Cuman ternyata saya baru tau kalau disana ada kebiasaan untuk kuliah yang pelaksanaannya 2 jam, setelah 50 menit ada break dulu sekitar 10 menit. Yah waktu itu kuliahnya saya bablasin aja kuliahnya tanpa break.

Semoga bermanfaat!

Slide presentasi saya dapat dilihat di bawah ini:

Materi kuliah lainnya yang saya berikan di Barcelona:

Kuliah tentang Web Security

Kuliah tentang Symmetric Key Cryptography

 

One thought on “Kuliah tentang Malware dan Cryptominer”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran