Kunjungan ke Sekolah Vokasi UGM

Hari Jumat 7 Februari 2020, saya dan beberapa dosen FIT melakukan kunjungan ke sekolah vokasi (SV) UGM . Kami diterima oleh Dekan Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto PhD, Wakil Dekan 1 Bapak Agus Nugroho, MT, Ketua Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI) Nur Rohman Rosyid Deng, serta Ketua Program Studi Manajemen Ibu Sufitri M.M.

Pak Wikan bercerita tahun 2009 ada kebijakan dari UGM untuk menutup program alih jalur/ ekstensi  D3 ke S1. Dampaknya terjadi demo mahasiswa SV UGM. Kemudian tahun lalu SV UGM memutuskan untuk membuka program D4, dan tidak menerima lagi siswa baru untuk program D3.  Menurut beliau salah satu alasannya karena peminat D3 menurun. Tahun lalu SV UGM membuka 20 prodi baru D4. SV UGM memberikan kesempatan juga untuk lulusan D3 UGM untuk melanjutkan studi ke D4. Namun program ini hanya dibuka sampai tahun 2021. Karena baru dibuka, prodi D4 ini memulai akreditasi dari C. Menurut beliau saat ini total ada 43 prodi yang sedang mempersiapkan proses akreditasi. Prodi tertua adalah prodi teknik elektro.

Lulusan D4 SV UGM diminta membuat prototype, HKI dan publikasi. Kemudian beliau menyampaian untuk membuat prodi D4 baru, salah satu syaratnya adalah ada 5 MoU dengan Industri. Contohnya untuk prodi teknik rekayasa elektro, mereka memiliki kerjasama dengan PLN. Materi sertifikasi PLN juga dimasukan di kurikulum prodi tersebut. Contoh lainnya prodi Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat memiliki kerjasama dengan Hitachi dan prodi perbankan dengan Bank Mandiri.

Di semester 8, siswa D4 diwajibkan mengikuti magang. Mk Magang dalam kurikulum D4 dihargai sebanyak 14 sks. Magang ini dapat dilakukan di Industri maupun di Lab. Untuk magang di Lab, siswa diminta melakukan riset dengan dosen. Selain itu untuk magang ini siswa dapat memilih membangun startup. Untuk siswa yang memilih jalur startup, di akhir magang diharapkan siswa menghasilkan prototype atau studi hasil uji pasar. Dan nilainya akan lebih baik bila berhasil menemukan investor yang mau membeli hasil uji pasarnya.

Kurikulum di Sekolah Vokasi UGM menerapkan aturan 60:40, 60% praktek dan 40% teori. Kemudian SKS teori dipisahkan dengan SKS praktek. Perkuliahan di SV UGM cukup padat, dari senin-jumat sampai jam 17.30. Saat ini penerimaan mahasiswa baru dibuka dalam 3 jalur, yaitu reguler, industri dan ekstensi.

Video pak Wikan tentang Program D4 SV UGM:

 

https://sas.telkomuniversity.ac.id/id/studi-banding-kurikulum-penyelenggaran-pendidikan-vokasi/

https://m.detik.com/news/berita/d-1814641/mahasiswa-sekolah-vokasi-ugm-kembali-demo

https://tirto.id/tak-lagi-terima-d3-sekolah-vokasi-ugm-buka-sarjana-terapan-d4-dnuU

One thought on “Kunjungan ke Sekolah Vokasi UGM”

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran