Kunjungan Patrakom

Hari Kamis kemaren saya dan beberapa dosen mendapat kesempatan mengunjungi perusahaan PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Patrakom) di Cibubur. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan telkom yang menyediakan layanan komunikasi Satelit. Pada kunjungan Patrakom ini kami diterima oleh Bpk Zulheldi (President Direktur) beserta jajarannya. Beliau bercerita tentang sejarah perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1995. Awalnya Patrakom ini didirikan oleh Pertamina, kemudian sempat sahamnya dimiliki bersama oleh Sinarmas, Elnusa dan Telkom. Sejak 2013 Patrakom dimiliki sepenuhnya oleh Telkom.

Menurut beliau Patrakom ingin menjadi raja di laut dan udara dalam penyediaan jasa komunikasi Satelit. Layanan yang disediakan adalah VSAT-SCPC, VSAT-IP, Radio link, MPLS, Metro-e dll. Client perusahaan ini terdiri dari Bank, Industri Telekomunikasi, Media, Maritim dan Energi dll. Ada juga teknologi vpn via gsm mobile(mpls), yang dapat digunakan untuk komunikasi mobile yang praktis.

Setelah itu kunjungan dilanjutkan dengan site-visit. Disini kami disambut berbagai macam antena VSAT dari ukuran kecil sampai yang besar. Ada juga antena Gyro yang dapat digunakan di kapal-kapal. Kehebatan gyro ini bisa melakukan autotrack Sattelite, sehingga bila kapal-bergerak Gyro akan selalu menyesuaikan diri secara otomatis dengan posisi satelit.  Awalnya gyro digunakan hanya di kapal militer. Proses kontrol Gyro bahkan dapat dilakukan dari laptop melalui wi-fi atau dari Android. Kemudian kami melihat-lihat data-center dan ruang kontrol. Dari ruang kontrol ini dilakukan monitoring dan remote perangkat satelit. Banyak sekali ilmu baru yang saya pelajari dari kunjungan ini.

Namun memang menurut pengakuan pak Zul, secara bisnis, komunikasi satelit  terancam dengan semakin berkembangnya jaringan optik dan teknologi radio.

Semoga bermanfaat!

http://www.patrakom.co.id/

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.