Linux Crunchbang

Saya sedang mencoba distro Linux Crunchbang. Distro ini berbasis Debian. Crunchbang sering disebut-sebut sebagai salah satu distro yang paling cepat. Hal ini karena Desktop Environment yang digunakan adalah openbox windows manager. Openbox dikenal memiliki tampilan minimalis dan cepat. Sehingga diharapkan dapat berjalan dengan baik, walaupun pada komputer jadul dengan spesifikasi hardware yang terbatas.

Untuk mengunduh Crunchbang bisa dari halaman berikut:

http://crunchbang.org/download/

Versi terbaru adalah Crunchbang 11 – Waldorf. Proses instalasi cukup mudah seperti ketika menginstall Linux lainnya. Bedanya adalah pada crunchbang ada post-install script. Ini semacam menu shell nanti akan ditanya apakah kita akan menginstall libreoffice dll.

Tampilan crunchbang ini sederhana, dengan warna gelap. Tampilannya memang terkesan agak suram. Di bagian kanan atas layar kita bisa memantau pemakaian RAM, pemakaian CPU dll. Selain itu ditampilkan juga berbagai macam shortcut.

Secara Default crunchbang sudah menginstall software-software berikut:

GIMP, Image Viewer, Iceweasel, gFTP Client, XChat IRC Client,,
SSH, VLC Media Player, Xfburn,Google Docs, Abiword Word Processor
Gnumeric Spreadsheet Calculator Evince PDF Viewer dll.

Secara keseluruhan memang terlihat distro ini lebih mengutamakan cepat & stabil dibandingkan tampilan yang wah. Distro ini cukup baik bagi pengguna linux yang sudah terbiasa dengan linux. Hanya untuk pengguna baru Linux, mungkin akan terkesan distro ini kurang menarik. Sebagai catatan Distro ini sudah dihentikan pengembangannya.

http://crunchbang.org/

http://desktoplinuxreviews.com/crunchbang-reviews/crunchbang-11-waldorf/

http://www.everydaylinuxuser.com/2013/03/everyday-linux-user-review-of.html

http://crunchbang.org/forums/viewtopic.php?id=39049

 

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran