Menambah user di Kali Linux

Saya masih sering menjumpai pengguna Linux yang bekerja dengan menggunakan login sebagai root. Hal ini kurang baik, terutama bila kita menggunakan Linux tidak pada virtual Machine, atau sebagai OS yang kita gunakan sehari-hari.

Resiko

Pada sistem Linux, root merupakan superuser. Atau bisa kita samakan dengan Administrator pada Windows. Nah Superuser ini bisa melakukan apapun terhadap sistem yang digunakan. Sehingga ada beberapa resiko yang bisa terjadi apabila kita bekerja sehari-hari dengan login sebagai superuser. Misalnya bisa saja kita salah mengetik sebuah perintah, dan bisa merusak sistem. Dari sisi keamanan, login sebagai root juga memiliki resiko. Terutama apabila sistem kita terinfeksi malware. Maka malware akan memiliki hak akses tertinggi pada komputer dan bisa melakukan apapun terhadap komputer kita. Begitu juga bila sistem kita dibobol oleh peretas. Nah resiko ini akan bertambah bagi para pengguna Kali Linux, karena Kali dilengkapi banyak tools yang canggih dan berbahaya.

Walaupun begitu beberapa teman saya masih banyak juga yang menggunakan Kali sebagai root, dengan berbagai alasan. Diantaranya katanya ada kendala sewaktu menginstal aplikasi, karena hak yang terbatas. Atau ada juga yang mengatakan mereka gak bisa login, ada eror ICEauthority pas waktu login misalnya dll. Padahal umumnya masalah tersebut terjadi karena kesalahan pada waktu menambah user. Cara  menambah user di Kali Linux sebenarnya mudah. Kalau kita ikutin secara benar maka tidak akan terjadi eror maupun kendala lainnya seperti yang dialamin teman saya.

Menambah user di Kali Linux:

  1. Login sebagai root, buka terminal bisa dengan memilih icon terminal atau dengan Ctrl+Alt+T
  2. Menambah user baru dengan perintah berikut

 #useradd -m namauser

-m digunakan untuk membuat directory user. Silahkan ganti namauser dengan nama user yang anda inginkan

  1. Mengganti password user
#passwd namauser
  1. Menmahkan user ke group sudo
#usermod -a -G sudo namauser
  1. Kemudian untuk menambahkan user ke default shell
 #chsh -s /bin/bash username

Selanjutnya tinggal logout dan coba login dengan user baru. Cara ini bisa digunakan juga pada ubuntu, debian maupun linux rasa mint.

Semoga bermanfaat!

menambah user di kali linux
from http://techiecode.files.wordpress.com

6 thoughts on “Menambah user di Kali Linux”

  1. mau tanya om.. setelah instal kali linux.. ane mau akses root/su kog gk bisa yaa.. apa hrus ganti/tambah user lagi yaa..

    1. gak bisanya gimana mas? gak bisa login atau gimana? atau ada error messagenya? coba pake defaul user:root password:toor

    2. Bro…default login user root itu password nya “toor”…kebanyakan Kali Linux kayak gitu…coba aja dlu, user nya “root” trus password nya “toor” ngak pake tanda petik yah

Silahkan tuliskan tanggapan, kritik maupun saran